-1.1 C
New York
Rabu, Februari 21, 2024

Sakralkan Momen Proklamasi, Tim Gabungan dan Ribuan Warga Duri ‘Hening Tiga Menit’

Tim gabungan tampak berbaris tegap saat sirine berbunyi | Foto: Bae


CENTRALNEWS.ID, DURI – Sekitar pukul 10.17 sampai dengan 10.20 WIB, seluruh aktifitas masyarakat dan lalu lintas di wilayah Kecamatan Mandau dan Bathin Solapan tampak terhenti serentak.

Bukan untuk beristirahat, terhentinya aktifitas masyarakat lantaran digelarnya detik-detik proklamasi secara serentak oleh tim gabungan dari unsur TNI-Polri, BPBD, Damkar, Dishub dan Satpol PP Mandau.

Dalam aksi itu, puluhan personel gabungan disiagakan di empat titik yang meliputi di simpang traffic light gate II, tepat di sebelah Mapolsek Mandau. Lokasi kedua dipusatkan di junction atau persimpangan Pokok Jengkol, Duri.

“Sementara untuk titik ketiga di depan Kantor Camat Mandau dan keempat di Garoga Junction, Kecamatan Bathin Solapan,” kata Kapolsek Mandau, Kompol Arvin Hariyadi, SIK, Senin (17/8).

Selain menyiagakan personel, jajaran itu juga membunyikan sirine dari beberapa unit mobil patroli dan armada pemadam kebakaran yang ikut diterjunkan. Selama tiga menit penuh, sirine pun digaungkan.

Komandan Rayon Militer (Danramil) 04/Mandau, Kapt. Arh. H. Sitorus turut ambil bagian saat itu. Ia bersama Kapolsek Mandau secara bersama memulai hitungan mundur untuk memulai sirine pertanda dibacanya naskah Proklamasi, sebagai ketegasan Bangsa Indonesia atas hak Kemerdekaannya 75 tahun silam.

“Negara kita merdeka, kita harus menghormati jasa para pahlawan yang telah berjuang mencapai kemerdekaan bangsa ini. Dalam tiga menit kita ambil sikap tegap di depan rumah masing-masing seraya sirine berbunyi, ini kita lakukan sebagai wujud penghormatan atas Kemerdekaan bangsa ini,” tegas Danramil 04/Mandau.

Sirine pun berbunyi, tepat pada pukul 10.17 sampai dengan 10.20 WIB gema nyaring itu terus terdengar hingga ke rumah-rumah warga.

Pantauan di simpang Pokok Jengkol, Duri seluruh petugas tampak berdiri tegap berbanjar. Merinding bercampur haru, keramaian saat itu terhenti dengan sikap tegap seluruh personel yang diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat.

Ribuan warga berbaris di depan rumah dan kantor tugas masing-masing saat sirine berbunyi | Foto: Bae

Tak hanya masyarakat, seluruh pelintas pun tampak menghentikan laju kendaraannya. Seluruh warga bersama petugas spontan berdiri tegap sebagai wujud penghormatan dan rasa syukur atas kemerdekaan yang dirasa hingga saat ini.

Memasuki 10.21 WIB, sirine pun berhenti. Petugas pun tampak haru dan memulai kembali aktifitas berlalu lintas. Tak hanya itu, seluruh barisan warga di depan rumahnya masing-masing pun perlahan membubarkan diri dan kembali melanjutkan aktifitasnya masing-masing.

Usai kegiatan itu, Kompol Arvin menyatakan bahwa giat kali itu jelas sangat berbeda dengan momen kemerdekaan di tahun-tahun sebelumnya.

“Tahun lalu masih bisa upacara, nah kali ini kita terbentur dengan pandemi COVID-19. Tapi kita tak boleh menyerah, makanya kita laksanakan giat hening tiga menit ini sebagai wujud penghormatan dan pengganti Upacara kemerdekaan di lingkungan tempat tinggal,” ungkapnya.

Kapolsek Mandau (kiri) dan Danramil 04 Mandau (kanan) | Foto: Bae

Senada, Kapt. Arh. H. Sitorus pun mengaku bangga meski pelaksanaan detik-detik Proklamasi tahun ini berlangsung sederhana.

“Bukan karena megahnya, tapi niatnya. Semoga acara sederhana ini mampu menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patriotik personel dan masyarakat secara umum,” kata Danramil menjelaskan.

“Saya bangga melihat ratusan bahkan ribuan masyarakat berdiri tegap di depan rumahnya masing-masing. Mereka bangga atas kemerdekaan bangsa kita, maka saya pun bangga atas respon masyarakat. Saya ucapkan terima kasih dan salam Merdeka,” pungkasnya.

Sepanjang acara itu, ribuan masyarakat memang terlihat ikut serta menyemarakkan dan mensakralkan momen kemerdekaan. Serentak seluruh warga keluar dan berdiri tegap di depan rumah masing-masing.

Penampakan itu terpantau nyaris di seluruh lokasi di wilayah Mandau dan Bathin Solapan, Duri.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles