23.4 C
New York
Minggu, Juni 16, 2024

Kebun Karet di Duri Hangus Digagahi Sijago Merah

CENTRALNEWS.ID, DURI – Tak hanya menghanguskan rumah warga di jalan Siak, Desa Petani, Kecamatan Bathin Solapan, Duri. Kobaran api juga melahap belukar kering di lahan kosong, serta sebidang kebun karet milik warga sekitar.

Kejadian masih di wilayah yang sama, namun kebakaran lahan karet berjarak sekitar 300 meter dari lokasi terbakarnya rumah milik Mariam, Senin (10/8) sore.



Dalam rentetan periatiwa itu, personel dari UPT Pemadam Kebakaran (Damkar) Mandau tampak hilir mudik dalam memadamkan api. Dua unit armada pemadam diturunkan untuk menakhlukkan api yang menggagahi rumah warga, melumat habis semak kering di lahan kosong dan kebun karet tersebut.

Untuk kebakaran di perkebunan karet tersebut, petugas menduga bahwa titik api berasal dari aksi bakar sampah yang dilakukan warga sekitar.

“(Mungkin) Setelah membakar sampah, langsung ditinggal begitu saja. Itulah dugaannya sampai api ini merembet dan menghanguskan sekitar dua hektar kebun karet yang berbatasan langsung dengan lahan dalam penguasaan PT Chevron Pacific Indonesia.



Di lokasi, petugas hilir mudik memadamkan api. Personel lainnya tampak berupaya mengisi tangki truk damkar yang telah kosong, pengisian air sendiri dilakukan di kantor PDAM, jalan Babussalam, Kelurahan Air Jamban, Mandau, Duri.

Usai memenuhi tanki, pemadaman terus dilanjutkan. Hingga sekitar pukul 17.30 WIB kobaran api di kebun milik warga itu berhasil dilakukan, hanya tersisa asap tebal sisa pembakaran semak belukar di sepanjang kebun tersebut.

Tak lama, petugas kepolisian dari sektor (Polsek) Mandau, Resor Bengkalis langsung terjun ke lokasi guna kepentingan penyelidikan.



Hingga saat ini kebun itu masih berasap, namun bara api tak lagi terpantau pasca pemadaman.

“Api berhasil dikendalikan dengan aman,” ungkap Komandan Regu (Danru) UPT Damkar Mandau yang ikut andil dalam pemadaman tersebut.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles