11.9 C
New York
Sabtu, April 20, 2024

BLK di Duri Bakal Segera Difungsikan, Kadisnakertrans Bengkalis: Izinnya Sedang Diurus

Kadisnakertrans Kabupaten Bengkalis, Kholijah, S.Pdi | Foto: Bae

CENTRALNEWS.ID, DURI – Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) di komplek perkantoran Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bengkalis yang terletak di jalan Pipa Air Bersih, Desa Simpang Padang, Kecamatan Bathin Solapan disebut bakal segera difungsikan.


Gedung yang telah berdiri sejak lama itu disebut bakal diperuntukkan dalam menambah keahlian para tenaga kerja, terkhusus tenaga kerja lokal.

Saat dikonfirmasi tim CentralNews.id, Kadisnakertrans, Kholijah, S.Pdi mengatakan bahwa pihaknya hingga saat ini tengah berupaya dalam mengurus perizinan operasional BLK secara resmi.

“Saat saya menjabat di sini, gedung BLK sudah ada. Tapi tidak dapat difungsikan sebagaimana peruntukannya lantaran izin resmi dari Pemerintah belum ada, makanya sampai saat ini izinnya sedang kita upayakan,” kata Kholijah kepada reporter Central Media Group di kantor tugasnya, Selasa (18/8) siang.

Ia yang akrab disapa para stafnya dengan sebutan Bunda itu meyakini bahwa BLK dapat memberi dampak dan manfaat besar bagi para pencari kerja, terkhusus para putra-putri asli daerah.

Memandang peluang itu, pihaknya pun terus melakukan pergerakan untuk dapat sesegera mungkin mendapat lampu hijau dalam pengoperasian BLK secara resmi dan berdasar perizinan yang sah.

“Makanya sampai saat ini terus kita kaji dan ajukan prosea perizinan untuk segera mengoperasikan BLK. Kita sudah kemana-mana, bahkan sampai ke Padang, Sumatera Barat hanya untuk mengusahakan segera dibukanya BLK,” ungkap dia.

Bila nantinya BLK memeroleh izin operasional, maka bangunan tersebut bakal diawaki oleh personel dalam kesatuan unit pelaksana tugas (UPT) yang khusus membidangi pelatihan tenaga kerja.

“Jadi nanti kalau izinnya keluar dan di-ACC, status BLK akan jadi UPT dibawah pengawasan Disnakertrans Kabupaten Bengkalis dalam membekali para pencari kerja sesuai bidang dan kemampuan alias skill masing-masing,” tuturnya.

Untuk waktu pengoperasian BLK, lanjut Kholijah, pihaknya enggan berkomentar. Ia lebih memposisikan diri dalam tupoksi yang tepat dalam tahap pengurusan perizinan ke jajaran terkait yang membidangi hal itu.

“Untuk jadwal pasti ya belum, mudah-mudahan tahun 2020 ini bisa terlaksana. Sampai sekarang proses perizinan tetap kita laksanakan dan follow up, mari sama-sama kita doakan agar izin operasinya segera terbit dan BLK dapat segera kita fungsikan sesuai peruntukannya,” jelasnya.

Sampai saat ini, gedung BLK belum sama sekali difungsikan dalam hal menambah skill para pencari kerja. Namun Kholijah mengatakan bilamana masyarakat atau badan usaha hendak menggunakan gedung tersebut dalam suatu acara atau pelatihan internal, pihaknya tidak menutup kesempatan penggunaannya.

“Silahkan dipergunakan sesuai peruntukan dan manfaat yang baik. Itu bukan disewakan, tapi kalau ada yang mau pakai silahkan diajukan surat permohonan dahulu untuk dievaluasi, kalau dirasa bermanfaat di bidang tenaga kerja, kita perbolehkan. Intinya silahkan dipakai dan dirawat sebaik mungkin, menunggu izin operasi gedung itu diterbitkan,” pungkasnya.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles