1.5 C
New York
Kamis, Februari 22, 2024

Gunakan Rp10.5 M Dana APBD, Pembangunan Kantor Kecamatan Bathin Solapan Mulai Digesa

Lokasi atau lahan bakal Kantor Kecamatan Bathin Solapan | Foto: Bae


CENTRALNEWS.ID, BATHIN SOLAPAN – Setelah penantian panjang, proses lelang rangka pembangunan bakal Kantor Kecamatan Bathin Solapan akhirnya rampung.

Wujud dari selesainya tahapan lelang proyek, areal atau lahan yang telah ditetapkan sebagai dasar pembangunan kini tampak dibersihkan dari pepohonan dan belukar.

Wahyuddin, Camat Bathin Solapan membenarkannya. Ia menegaskan bahwa gedung tersebut bakal didirikan di atas lahan seluas lebih kurang 3.8 Hektare (Ha). Lokasinya sendiri terletak di kilometer (Km) 14, Desa Sebangar, tepatnya setelah melewati Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) dari arah Duri menuju ke Dumai.

“Alhamdulillah proses lelang saya dengar sudah selesai. Dan kemarin saya lihat lahan sudah mulai dibersihkan, kurang lebih sekitar 3.8 Hektare luasnya,” kata Wahyuddin kepada tim Central Media Group, Sabtu (18/8) siang.

Ia menegaskan bahwa sepanjang proses lelang sampai pembangunannya selesai, ia tak memiliki kewenangan untuk mencampuri urusan tersebut. Menerutnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis lah yang berkewenangan dalam memantau dan mengawasi seluruh tahapan hingga nantinya pembangunan selesai.

“Kalau saya mau lihat-lihat kesana, ya tak masalah. Tapi untuk mencampuri lebih dalam tidak, kan sudah ada pengawasnya sendiri. Nanti Pemkab yang mengatur hal itu sampai selesai, kita hanya pejabat yang berfokus untuk melayani masyarakat saja,” imbuhnya.

Lahan di Km. 14 bakal didirikan Kantor Camat Bathin Solapan | Foto: Bae

Bila masa jabatan masih panjang, lanjutnya, ia berharap dapat menjajaki tugas sebagai Camat Bathin Solapan yang perdana menjalankan fungsi pelayanan di bakal kantor pemerintahan tersebut.

“Kalau waktu masih berpihak, kita siap melayani masyarakat di kantor baru nan megah itu nantinya,” tuturnya.

Peta lokasi pembangunan Kantor Kecamatan Bathin Solapan | Foto: Bae

Proses pembangunan itu sendiri disebut bakal memakan waktu selama empat bulan lebih atau sekitar 130 hari kalender, Wahyuddin menyebut bahwa pekerja terus bekerja siang dan malam untuk sesegera mungkin menyelesaikan proyek tersebut.

Adapun perusahaan pemenang proyek pembangunan kantor kecamatan Bathin Solapan itu ialah PT. Inco Sakti, kemudian bertindak sebagai konsultan pengawas adalah PT. Asrimadya Tuah Karya dan konsultan perencana yakni CV. Labora Karya.

Sebagaimana informasi yang terpampang pada spanduk pemberitahuan pembangunan gedung di lokasi tersebut, diketahui anggaran yang dikucurkan dalam pembangunan tersebut menelan biaya mencapai Rp10.5 M lebih atau lengkapnya Rp.10.509.597.444,62.

Papan informasi pembangunan kantor kecamatan Bathin Solapan | Foto: Bae

Gedung yang dibangun menggunakan dana APBD Kabupaten Bengkalis dalam tahun anggaran (TA) 20202 itu diperkirakan rampung di akhir tahun ini, Wahyuddin pun mengamininya.

“Insha Allah, bila tak ada halangan, bakal segera dirampungkan (pembangunan) akhir tahun ini. Saya dengar pembangunannya sekitar 4 bulanan lah, kita tunggu saja,” sebutnya.

Ia menyebut bahwa gedung tersebut sudah dirancang dalam bentuk maket atau miniatur dengan kapasitas bangunan berlantai dua. Adapun jarak gedung dengan titik power line atau perkabelan listrik sudah diatur keamanannya, agar keamanan fasilitas tersebut lebih terjaga.

Untuk kondisi lahan, ia menyebut kontraktor dan pemerintah bakal melakukan tugas sebaik mungkin agar lahan tersebut kokoh untuk menopang bangunan tersebut.

“Pastilah sudah diperhatikan setiap aspek keamanannya, intinya kita tunggu saja. Semoga tak ada kendala,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, gedung tersebut nantinya bakal dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti kantor UPTD Dukcapil, perkantoran Satpol PP, BPBD, UPT Pemadam Kebakaran dan kelengkapan pemerintah lainnya.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles