22.2 C
New York
Senin, Juni 17, 2024

Perkuat Imunitas, 5.000-an Warga Duri Ikuti Vaksinasi Massal


CENTRALNEWS.ID, DURI – Berbagai cara dilakukan untuk memperkuat sistem imunitas tubuh di tengah perebakan wabah pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19), salah satunya vaksinasi.


Ya, tindakan vaksinasi mulai dari skala kecil sampai dengan tingkat massal dilaksanakan oleh Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Kabupaten Bengkalis, termasuk Satgas di Kecamatan Mandau dan Bathin Solapan.


Kapolsek Mandau, AKP. Jalifer Lumban Toruan, S.AP membenarkannya. Ia mengatakan, sampai dengan hari ini tercatat lebih dari 5.000 warga Duri dari Kecamatan Mandau dan Bathin Solapan yang telah menerima dosis vaksinasi.


“Dalam serangkaian vaksinasi massal yang dilaksanakan di Komplek Kantor Camat Mandau dan Atrium Mandau City Mall beberapa waktu lalu, antusias masyarakat memang cukup meledak,” kata AKP. Jalifer, Jumat (18/6) pagi.


“Akumulasi penerima vaksin sampai saat ini sudah lebih dari 5.000 orang dalam beberapa jadwal vaksinasi sebelumnya. Dan ini akan terus bertambah nantinya,” kata dia menegaskan.



Perwira muda Polri berpangkat tiga balok emas di pundaknya ini menyebut, obat untuk wabah mendunia ini belum sama sekali ditemukan. Memandang genting keadaan, ia pun menyuluhkan jajaran Satgas COVID-19 untuk menggencarkan giat vaksinasi massal.


Tindak pemberian vaksin dinilai mampu memperkebal imunitas tubuh atas paparan virus corona. Dengan ini pula, ia berharap kekebalan imunitas kelompok masyarakat atau Herd Immunity dapat tercapai di wilayah tugasnya.


“Obatnya kan belum ada, jadi kita maksimalkan vaksinasi. Kita bentuk kekebalan tubuh dari dalam, untuk meminimalisir penularan wabah ini. Bila tubuh sudah nenerima vaksin, anti bodi akan terbentuk secara alami. Dengan demikian, virus akan kesulitan menginfeksi tubuh dan memutus mata rantai penularannya,” tegasnya.


Pasca vaksinasi massal bagi masyarakat yang dipusatkan di Duri, masih kata AKP. Jalifer, pihaknya akan kembali menggencarkan vaksinasi ke lingkungan perusahaan atau dunia kerja. Tak hanya itu saja, lingkungan masyarakat terisolir atau jauh dari kota juga bakal disasar dalam pendistribusian vaksin COVID-19.


“Kedepan akan kita sasar (vaksinasi) ke dunia kerja atau perusahaan dan masyarakat yang jauh dari kota. Kita upayakan seluruhnya menerima vaksin dan sesegera mungkin membentuk kekebalan imunitas tubuh si penerimanya,” tutur Kapolsek Mandau.



Atas hal itu, Camat Mandau, Riki Rihardi, S.STP., M.Si turut mendukung wacana tersebut. Ia mengaku bakal ikut langsung mensukseskan dan mengerahkan kekuatan personelnya dalam memaksimalkan vaksinasi massal di dunia kerja dan masyarakat terisolir.


“Apa yang telah dilakukan dan apa yang sedang direncanakan oleh Bapak Kapolsek itu sangat bagus, kita dukung penuh. Pemerintah Kecamatan Mandau siap membantu dan mensukseskan vaksinasi massal di dunia kerja dan lingkungan masyarakat yang jauh dari keramaian,” ungkap Riki.


Senada, Camat Bathin Solapan Wahyudin, S.Sos., M.Si pun mengapresiasi. Mengingat keberadaan perusahaan cukup banyak di wilayah Gerbang Permata, maka giat tersebut dinilai sangatlah dibutuhkan.


“Bagus itu, kita juga sangat mendukung. Setiap pekerja di berbagai perusahaan yang ada di Bathin Solapan ini bisa dijangkau untuk pemberian vaksin. Karena bukan tidak dimungkinkan dunia kerja bisa jadi klaster baru dalam penyebaran virus,” kata Wahyudin.


Menanti aksi itu, Wahyudin meminta seluruh pekerja di masing-masing perusahaan dan masyarakat yang belum menerima vaksin untuk selalu memperketat protokol kesehatan semaksimal mungkin.


“Menunggu vaksinasi massal lanjutan ini bisa terlaksana, kembali kita imbau seluruh masyarakat tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan. Bersama kita cegah dan putus penularan COVID-19, untuk kesehatan dan keselamatan bersama,” pungkasnya.*Bres

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles