-0.5 C
New York
Rabu, Februari 21, 2024

Kemendikbud RI Gandeng Exact Centre Duri Selenggarakan PKK

Pembukaan Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK)

CENTRALNEWS.ID, DURI – Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI menggandeng Lembaga Exact Centre (EC) Duri dalam menyelenggarakan program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK), Selasa (15/6).
Giat acara dengan fokus pemberian pendidikan dan pelatihan kerja secara gratis ini digelar di kantor Exact Centre, jalan Aman, Kelurahan Pematang Pudu, Kecamatan Mandau – Duri.

Sekitar 20 peserta PKK yang sebelumnya mendaftar, menjalani seleksi dan akhirnya terpilih untuk mengikuti program pelatihan berbasis revolusi teknologi 4.0 ini tampak antusias dalam acara pembukaan yang dilangsungkan pagi tadi.

Pimpinan lembaga EC Duri, Ismiati mengatakan bahwa pembukaan kegiatan PKK tahun 2021 ini diselenggarakan atas kerja sama dengan Kemendikbud RI guna menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing tinggi, terkhusus di bidang Digital, Komputerisasi dan Aplikasi Perkantoran.

“Pelatihan ini diselenggarakan untuk menempah dan menghasilkan generasi muda berskill mumpuni dan bisa bersaing di tengah perkembangan teknologi 4.0,” kata Ismi, sapaan akrabnya.
Selain menempah bakat dan skill, pihaknya juga menggagas program pelatihan digital berbasis komputerisasi dan aplikasi perkantoran. Hal itu diterapkan, mengingat kebutuhan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) di Negeri Junjungan sangat terpaut pada kecanggihan zaman serba digital.

Dengan pelatihan kerja yang dilaksanakan, Ismi berharap generasi millenial berpeluang lebih besar memeroleh pekerjaan dan bersaing dengan kompetensi yang layak uji. “Lembaga kita sangat berharap bisa memberikan kontribusi yang baik kepada masyarakat, terkhusus generasi muda untuk menghasilkan SDM berdaya saing tinggi dan siap kerja di segala jenis bidang pekerjaan, terutama sistem aplikasi perkantoran dan komputer.


“Semoga setiap peserta bisa memanfaatkan program ini dengan baik untuk menghasilkan kompetensi atau skill kerja sesuai dengan apa yang kita harapkan dan tentunya sesuai kebutuhan bursa tenaga kerja saat ini,” harapnya.

Seraya itu, Lurah Pematang Pudu diwakili Sekretaris (Seklur) Wildan Taufiq, S.STP turut hadir kala itu. Ia menegaskan kehadiran Exact Centre di wilayah Kelurahan Pematang Pudu sangat berkontribusi besar dalam dunia pendidikan dan pelatihan kerja.

Wildan menyatakan, EC sangat menjadi kebanggaan warga Pematang Pudu dan berkontribusi besar dalam menghasilkan cikal bakal SDM yang berkompeten, serta berkeahlian mumpuni.
“Tentu dengan kerja sama yang dijalin antara Kemendikbud RI dan EC Duri ini semakin menambah nilai plus. Kita juga bangga atas kehadiran lembaga ini, semoga program pelatihan ini bisa menghasilkan SDM unggul. Bagi para peserta, selamat mengikuti pelatihan ini. Manfaatkan waktu dan kesempatan emas ini sebaik mungkin, dengan ini program pelatihan saya nyatakan dibuka secara resmi,” buka Seklur Pematang Pudu diikuti ketukan sebanyak tiga kali.

Turut hadir pula Surya Budiman, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkalis saat peresmian program pelatihan ini. Pun demikian, ia juga mendukung kinerja Exact Centre dalam program dan kerjasama tersebut. “Tetap semangat, saya dukung penuh,” singkat Surya.

Pembukaan program PKK ini diakhiri dengan sesi dokumentasi dan pengarahan singkat bagi para peserta. Selanjutnya, pelatihan bakal dimulai Kamis (17/6) mendatang dengan mentor atau pemateri yang tentunya menguasai bidang digitalisasi. Sepanjang acara, penerapan prorokol kesehatan (Prokes) terlaksana dengan baik guna mencegah penyebaran pandemi COVID-19 di Kecamatan Mandau, Bengkalis – Riau.*JB

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles