29.9 C
New York
Senin, Juli 22, 2024

Hujan Berangin Kencang Layangkan Atap Rumah Warga Kulim, Tiang Listrik Tumbang

CENTRALNEWS.ID, BATHIN SOLAPAN – Cuaca buruk yang ditandai dengan deraian hujan lebat ditambah terpaan angin kencang nyaris merata di Kecamatan Mandau, Duri dan Kecamatan Bathin Solapan, Selasa (3/8).

Fenomena alam yang identik dengan gemuruh guntur dan kilatan petir ini terjadi sekira pukul 21.30 WIB. Tak berselang lama, kondisi memburuk. Hembusan angin semakin menggila dan dilaporkan merusak beberapa unit kios di Kilometer 4 Kulim, Desa Pematang Obo, Kecamatan Bathin Solapan.

Akibatnya, tiga unit kios permanen terdampak kerusakan dan dihempaskan atap pelataran (teras) dari bagian depan. Ya, rangkaian atap dengan konstruksi baja ringan ini dengan mudahnya digulung angin dan akhirnya terlontar hingga radius belasan meter.

“Angin ribut melanda, atap tiga unit kios milik warga kita rusak diterpa angin kencang,” kata Pangibulan Sirait, Kepala Desa (Kades) Pematang Obo.

Selain itu, kata dia, atap yang terhempas dari rangkanya disebut mengenai jalinan kabel fasilitas PT PLN Rayon Duri. Dampaknya pun kian merusak, jalinan kabel listrik bertegangan ini ikut tersangkut material atap dan baja ringan yang diterbangkan angin.

Tiang listrik tumbang di Km 4 Kulim | Foto: Bres

Alhasil, jalinan kabel listrik terputus dan menyebabkan padamnya aliran listrik di sebagian wilayah Duri (Mandau) dan Bathin Solapan. Meski telah merusak atap tiga unit kios, angin ribut tak berkesudahan.

Jalinan kabel yang tadinya ikut terseret material atap diduga menjadi faktor patah dan tumbangnya sebatang tiang (beton) berketinggian lebih dari lima meter, sebagai penyanggah jalinan kabel kelistrikan tersebut.

Pasca patah, tiang listrik ini kemudian roboh dan akhirnya menimpa dua unit kios permanen lainnya. Robohnya tiang berbobot ratusan kilogram ini pun merusak bagian atap dan rangka penyangga atap kios-kios yang berada di bilangan jalan lintas Sumatera (Jalinsum) sektor Duri – Dumai ini.

“Benar. Selain atap kios yang diterbangkan dan putusnya kabel listrik, tiang listrik juga roboh dan menimpa dua unit kios warga. Kedua kios yang tertimpa ini digunakan sebagai tempat tinggal dan satu lainnya adalah workshop pandai las,” ucap Kades menegaskan.

Tiang listrik tumbang di Km 4 Kulim | Foto: Bres

Mendapat laporan itu, Camat Bathin Solapan, Wahyudin, S.Sos., M.Si kaget dan berencana segera meninjau ke lokasi kejadian. “Saya juga baru dapat laporan, segera akan kita cek ke lokasi,” kata Wahyudin.

Total, lima unit kios mengalami kerusakan fatal. Sementara, satu lainnya hanya mengalami pergeseran pembatas (triplek) antar kios.

Tak ada korban jiwa dalam serangkaian peristiwa ini, namun kerugian ditafsir fantastis akibat terpaan hujan berangin kencang yang sifatnya merusak ini.

“Alhamdulillah, tak ada korban jiwa. Segera saya pantau ke lokasi,” serunya.

Diketahui, selain di Km 4 Kulim, tiang listrik juga tumbang di Km 18, Simpang Puncak, Kecamatan Bathin Solapan. “Ada dua tiang listrik yang tumbang, di Km 4 dan Km 18,” kata Susrino, Manager PLN Rayon Duri.

Tiang listrik tumbang di Km 4 Kulim | Foto: Bres

Sesaat setelah kejadian, pihaknya langsung terjun ke lokasi dan menangani persoalan. Terpaksa, aliran listrik di beberapa wilayah terdampak pemadaman akibat kejadian ini.

“Untuk sementara listrik padam di beberapa wilayah, petugas kita sedang bekerja untuk menangani kerusakan dan sesegera mungkin mengembalikan keadaan seperti semula. Kami mohon maaf atas gangguan ini, segera kami tangani,” pungkasnya.(*)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles