3 C
New York
Rabu, Februari 21, 2024

Harga Sawit di Riau Anjlok!

CENTRALNEWS.ID, RIAU – Periode 9 sampai dengan 15 Juni 2021 mendatang, harga tandan buah segar (TBD) Kelapa Sawit dipastikan anjlok, Rabu (9/6).


Penurunan nilai jual komoditi perkebunan ini merata pada setiap kelompok umur kelapa sawit, dengan jumlah penurunan terbesar terjadi pada kelompok umur 10 – 20 tahun sebesar Rp96,46/Kg atau mencapai 3,82% dari harga minggu lalu.


“Sehingga, harga pembelian TBS petani untuk periode satu minggu kedepan turun menjadi Rp2.431,51/Kilogram (Kg),” kata Kepala Dinas Perkebunan (Kadisbun) Riau, Zulfadli.


Ia mengatakan, amblesnya nilai jual sawit ditenggarai menurunnya harga minyak kelapa sawit (Crude Palm Oil) di negara Malaysia sebesar 1,11%. “Harga CPO di Malaysia turun RM46 (Ringgit Malaysia) atau melemah 1,11%. Harga jual (CPO) saat ini adalah RM4.112/Ton,” katanya.


Prospek kenaikan stok minyak sawit Malaysia di akhir bulan Mei cukup membebani harga CPO. Harga minyak sawit mentah masih mengalami volatilitas yang tajam diakibatkan oleh kenaikan yang sudah terlalu tinggi dan membaiknya prospek produksi secara historis di paruh kedua tahun ini.


“Meski cenderung turun, namun harga kelapa sawit di Riau masih diatas Rp2.000 per Kilogram. Mudah-mudahan harga akan kembali membaik pekan selanjutnya,” pungkasnya penuh harap.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles