-1.1 C
New York
Rabu, Februari 21, 2024

Facebook, Instagram dan WhatsApp ‘Down’

CENTRALNEWS.ID, RIAU – Tak hanya di berbagai belahan negara sahabat salah satunya Amerika Serikat (AS), gangguan sistem aplikasi Facebook, Instagram dan WhatsApp juga berlangsung di Indonesia, Senin (4/10).

Seketika, selancar dunia maya pada ketiga beranda sosial media tersebut tak bisa dioperasikan. Mulai dari alasan ‘Koneksi Buruk’, ‘Perhatikan Jaringan Anda’ hingga ‘Sedang Gangguan’ menjadi tampilan yang didapati para penggunanya sekira pukul 22.30 WIB malam tadi.

Baik Imstagram maupun WhatsApp, keduanya merupakan perangkat lunak (aplikasi) yang dikuasai oleh Facebook besutan Mark Zuckerberg.

Dilansir dari VoA Indonesia, gangguan terjadi sehari setelah seorang Mantan pegawai Facebook tampil di salah satu stasiun televisi wilayah Amerika. Penampilannya dalam satu acara kala itu mengungkap hal yang mengundang banyak tanya.

Baca Juga :  Tingkatkan SDM Unggul, Pemkab Natuna Jajaki Universitas Esa Unggul

“Mengunduh Facebook berulang kali mengutamakan keuntungan daripada berantas disinformasi dan ujaran kebencian,” tutur mantan pegawa Facebook pasa salah satu acara di Tv yang kemudian gempar di jagad dunia maya.

Pasca pengakuan tersebut, seketika Facebook dan dua aplikasi media sosial kenamaan tersebut langsung ‘Down’ alias tak bisa dioperasikan seperti biasanya. Sesekali muncul, kebanyakan error begitulah tampilan yang kemudian muncul dan membuat penggunanya berang.

Untuk di Indonesia, terutama di Provinsi Riau sendiri gangguan terjadi menjelang tengah malam dan berlangsung hingga Selasa (5/10) dini hari tadi.

Secara sistem maupun tekhnis belum diketahui akar persoalan yang membuat ketiga aplikasi raksasa ini nyaris tak berfungsi dengan baik hingga merambah ke tanah air. Namun yang pasti, gangguan yang ada terasa mengundang ragam ocehan dari warganet +62.

Baca Juga :  Kapal Pecah Dihantam Ombak, Dua Nelayan Natuna Terombang-ambing di Laut

“Kalau sudah down, berasa hidup di zaman batu,” tulis Santi di beranda Facebooknya pasca gangguan.

Hingga berita ini diterbitkan, gangguan tampaknya telah diatasi dan seluruh perangkat aplikasi ini bisa kembali dioperasikan seperti semula.(*)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles