-1.1 C
New York
Rabu, Februari 21, 2024

Bupati Bengkalis Serukan Polemik Penyerapan Naker Lokal ke Pemerintah Pusat

CENTRALNEWS.ID, BENGKALIS – Bupati Bengkalis Kasmarni, S.Sos., M.MP berharap Pemerintah Pusat ikut dan turut serta untuk mendorong perusahaan-perusahaan yang beroperasi di daerah bisa mengutamakan penyerapan tenaga kerja (Naker) lokal saat membuka lowongan pekerjaan, Rabu (1/9).

Harapan itu disampaikan kala mengikuti pembelajaran virtual tahap II sempena pembekalan kepemimpinan pemerintahan yang diselenggarakan BPSDM Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Wakil Bupati Bengkalis H. Bagus Santoso turut hadir dalam pelaksanaannya.

Ia menegaskan, saat membuka lowongan kerja, Naker Lokal kerap luput dari perhatian para pengusaha. Akibatnya, penyerapan tenaga kerja yang melibatkan putera/puteri asli daerah ini kian menjadi dilema yang tak kunjung terselesaikan.

“Oleh karena itu, melalui Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian, kami sangat berharap Pemerintah Pusat ikut mendorong supaya perusahaan-perusahaan yang beraktifitas di daerah lebih mengutamakan tenaga kerja lokal saat membuka lowongan pekerjaan,” pintanya.

Baca Juga :  Dandim 0303 Bengkalis Kerjakan Instruksi KSAD Hijaukan Pesisir untuk Tanggulangi Abrasi

Harapan itu disampaikan Kasmarni kepada Staf Ahli Bidang Pengembangan Produktifitas dan Daya Saing Ekonomi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Lestari Indah saat sesi tanya jawab usai memaparkan materi tentang Implementasi Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Menanggapi asa Bupati Kasmarni, Lestari Indah mengatakan bahwa seruan itu akan diteruskan kepada Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) RI. “Akan kami sampaikan ke Kemenaker RI. Kami juga akan minta agar Kemenaker ambil bagian dalam akselerasi peningkatan kompetensi dan kualitas tenaga kerja lokal melalui pelatihan-pelatihan,” jawab Lestari.

Selain dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, ada 2 materi lain yang juga dipaparkan hari ini. Yakni, Sinergi Pengelolaan Keuangan Negara dan Daerah di masa COVID-19 yang disampaikan langsung Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melalui tapping video. Kemudian, Kebijakan Penguatan Ketahanan Pangan Rakyat di masa Pandemi COVID-19 yang juga langsung disampaikan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo.

Baca Juga :  Dandim 0303 Bengkalis Kerjakan Instruksi KSAD Hijaukan Pesisir untuk Tanggulangi Abrasi

Selain Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah H Ismail, ikut mendampingi Bupati Kasmarni dalam pembelajaran tatap maya tahap 2 di hari kedua tersebut Kadis Ketahanan Pangan H. Imam Hakim, Kepala BPKAD Aulia, Kepala Dinas Kominfotik Johansyah Syafri, Inspektur Rafiardi Ikhsan, dan Kadis Parbudpora H. Anharizal.(*)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles