29.9 C
New York
Senin, Juli 22, 2024

Belasan Balita di Riau Wafat Terpapar COVID-19, Satgas: Waspada!

CENTRALNEWS.ID, RIAU – Dalam beberapa waktu terakhir, paparan wabah pandemi COVID-19 di Provinsi Riau kian memprihatinkan. Tak hanya menyerang orang dewasa, Bayi (Balita, red) pun turut terinfeksi.

Sebagaimana dipaparkan juru bicara Satgas COVID-19 Provinsi Riau, dr. Indra Yovi menyebut, terdapat sedikitnya 12 Balita di Bumi Lancang Kuning yang terinfeksi corona dan akhirnya meninggal dunia. “Angka kasus kematian akibat COVID-19 pada Balita di Riau masih sangat tinggi, hingga saat ini, sudah 12 balita yang meninggal akibat terinfeksi virus mendunia ini,” kata dr. Indra, Senin (12/7).

Terkait keadaan itu, ia pun mengingatkan seluruh orangtua yang memiliki bayi si bawah usia lima tahun untuk lebih waspada. Hal itu diimbaunya, mengingat sistem kekebalan atau imunitas bayi masih terbilang rendah.

“Imunitas Balita kan masih rendah, jadi sangat rawan terpapar virus dan penyakit. Jadi diimbau agar masyarakat yang memiliki bayi bisa lebih waspada,” katanya menegaskan.

Bukan untuk menakuti, imbauan itu diserukannya agar masyarakat lebih cakap dan bijak dalam mencegah jangkitan Coronavirus Disease 2019 yang kian meradang hingga saat ini. “Ini harus menjadi perhatian untuk semua, mereka (Balita, red) sangat rentan. Jadi, kita harus lebih ketat menjaga kesehatannya di masa sekarang ini,” imbaunya.

Sebagai informasi, angka kematian Balita akibat COVID-19 di Riau lebih tinggi dibandingkan kelompok anak berusia 5 sampai 18 tahun. Kemudian, kasus kematian akibat COVID-19 tertinggi ditemukan pada kelompok usia antara 40 sampai 60 tahun yang mencapai 1.034 orang.

Selain Balita, kelompok masyarakat pada usia diatas 60 tahun juga rawan terpapar virus. Sejauh ini, sudah ada 811 kasus kematian akibat COVID-19 yang merambah kelompok masyarakat dengan usia diatas 60 tahun. Sedangkan untuk kelompok usia 18 sampai 40 tahun terdapat 181 kasus kematian.

“Hingga saat ini, total angka kematian akibat COVID-19 di Riau mencapai 2.040 kasus. Dengan ini pula, kita imbau seluruh masyarakat untuk lebih diaiplin menjalankan protokol kesehatan,” pungkasnya.(*)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles