9.2 C
New York
Minggu, April 14, 2024

Tiga Penadah Curanmor Ditangkap Polisi, Terungkap dari Postingan Penjualan di Medsos

CENTRALNEWS.ID, BATAM – NS (28), II (27), dan RE (25), tiga pelaku penadah barang curian jenis motor gede (Moge) merek Yamaha R15 dan Honda CRF 150 berhasil dibekuk Unit Operasional (Opsnal) Reserse Kriminal (Reskrim) Kepolisian Sektor (Polsek) Bengkong.

Satu diantaranya adalah seorang mekanik bengkel.

Pengungkapan kasus Pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) ini terjadi atas dua laporan yang masuk ke Markas Kepolisian Sektor (Mapolsek) Bengkong dengan dua Tempat Kejadian Perkara (TKP) berbeda di Kota Batam, pada Minggu,(6/2/2022) dan Jumat (18/2/2022).

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Bengkong, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Bob Ferizal, mengatakan, dua TKP Curanmor itu ialah di depan Rumah Makan Citarasa Bengkong, Kecamatan Bengkong Indah, Bengkong, dan di Perumahan Taman Raya Tahap 2A, Blok CB, Nomor 01 Batam Kota.

Baca Juga :  KPLP Kerahkan KN Sarotama P.112, Angkut Pemudik dari Bintan ke Dabo Singkep

“Penangkapan terhadap pelaku penadah ini berawal dari korban (pelapor) yang mendapatkan informasi dari media sosial Forum Jual Beli (FJB) untuk melakukan cash on delivery (COD) terhadap onderdil sparepart motor akan dijual mirip dengan sepeda motor miliknya yang telah dicuri. Kemudian korban melakukan transaksi bersama pelaku penadah di tempat yang sudah disepakati (di Seibeduk),” ujar AKP Bob, Rabu (23/2/2022) di Mapolsek Bengkong.

Berdasarkan keterangan para pelaku penadah, Bob melanjutkan, bahwa, telah menerima barang curian sebanyak 2 kali dan pelaku bukan merupakan residivis.

“Sampai sejauh ini mereka (3 pelaku) sudah menerima 2 kali (barang curian) menurut pengakuan tersangka, dan nanti kita dalami lagi. Pemetik sedang kita buru,” katanya.

Baca Juga :  Ratusan Penumpang Antre Naik KMP Bahtera Nusantara 01, Puncak Arus Mudik di Natuna

Sementara, ditambahkan Kepala Unit (Kanit) Reskrim Polsek Bengkong, Inspektur Polisi Satu (Iptu) Rio Ardian, mengatakan, pelaku mendapatkan barang-barang tersebut dari rekannya bernama M dengan cara membeli seharga Rp 6 juta.

“Saat ini masih dilakukan pengejaran atau Daftar Pencarian Orang (DPO) terhadap pelaku Curanmornya. Identitasnya sudah kita kantongi. Pelaku penadah kami amankan pada Sabtu (19/2/2022),” kata Iptu Rio.

Atas penangkapan ini, polisi berhasil mengamankan satu unit roda dua (R2) Yamaha R15 tahun 2018 dengan plat sudah diganti dalam keadaan tidak utuh atau terbongkar (TKP Bengkong), satu kantong plastik kunci-kunci pas motor, satu unit Handphone (HP) merek Vivo warna biru, dan satu unit R2 Honda CRF 150 warna hitam tahun 2021 dengan plat sudah diganti (TKP Batam Kota).

Baca Juga :  Dapat Remisi Idul Fitri, 13 Warga Binaan Lapas dan Rutan Batam Langsung Bebas

Pelaku dijerat Pasal 363 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang Pencurian dengan Pemberatan dan atau 480 KUHP dengan ancaman hukuman penjara paling lama 4 tahun kurungan atau pidana denda paling banyak Rp 900 ribu. (Ilham S)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles