5.6 C
New York
Jumat, Maret 29, 2024

Tekan Inflasi, Rodhial Huda Hadiri Pencanangan Gerakan Menanam Cepat Panen

CENTRALNEWS.ID, NATUNA – Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda berserta lembaga vertikal daerah menyambangi Desa Air Buluh Cemaga Selatan dalam kegiatan pencanangan gerakan menanam cepat panen, dalam rangka pemanfaatan lahan perkarangan dan lahan tidur untuk mendukung ketahanan pangan Kabupaten Natuna, Jumat (2/12/2022).

Camat Bunguran Selatan Supardi dalam sambutannya menyampaikan, Pemerintah Kecamatan Bunguran Selatan mengucapkan terimakasih kepada Dinas ketahanan pangan sebagai penyelenggara dalam rangka pemanfaatan lahan perkarangan dan lahan tidur untuk mendukung ketahanan pangan Kabupaten Natuna.

“Kami harap program ini dapat menjadi langkah yang strategis dalam menyukupkan kebutuhan pangan, serta menekan tinggi harga bahan pangan serta kelangkaan bahan pangan khususnya sayur,” jelas Camat Bunguran Selatan.

Baca Juga :  Donor Darah Serentak di 33 Provinsi, SMSI Raih Penghargaan MURI di Ulang Tahun ke-7

Sementara itu, Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda menyampaikan bahwa program ini menjadi langkah pemerintah dalam menekan inflasi harga sembako.

“Gerak menanam menjadi prioritas pemerintah pusat hingga daerah dengan mendorong desa-desa untuk menanam dengan memanfaatkan lahan perkarangan dan lahan kosong yang tujuan utamanya adalah untuk menunjang ketahanan pangan Kabupaten Natuna,” jelas Rodhial Huda.

Rodhial Huda juga menegaskan bahwa Dinas Ketahanan Pangan dapat mendukung kegiatan ini dengan mendukung petani desa, baik dalam bimbingan cara penanaman dan pembibitan hingga memberikan subsidi pembelian bibit dan subsidi pupuk.

“Kita berharap masing masing desa dapat mendorong potensi desanya untuk menekan inflasi harga bahan pangan serta menekan kelangkaan bahan pangan di tahun 2023. Kita harus terus memberikan edukasi kepada masyarakat terkait kekayaan alam dan laut sehingga kita dapat memanfaatkannya secara maksimal,” tambah Rodhial Huda.

Baca Juga :  Cegah Perang Sarung dan Balap Liar, Kapolsek Dabo di Lingga Minta Orangtua Batasi Anak Keluar Malam

Pemerintah berharap ekosistem agraria di Natuna dapat terus dikembangkan untuk mengimbangi kekayaan hasil laut. Dengan keseimbangan hasil agraria dan laut yang di kelola secara swadaya oleh masyarakat dapat menekan inflasi daerah dan mencegah kelangkaan bahan pangan.

Acara ditandai dengan penyerahan bibit oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, serta penanaman bibit langsung oleh Wakil Bupati Natuna didampingi lembaga vertikal daerah. Dilanjutkan dengan kegiatan panen bersama.(put)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles