22.1 C
New York
Senin, Mei 20, 2024

Rumah dan Ruko Milik Warga Duri Terbakar Malam Tadi

CENTRALNEWS.ID, DURI – Kebakaran lagi-lagi terjadi di Kota Minyak, Duri. Malam tadi, kobarannya menyasar dua unit bangunan di jalan Cendrawasih, Gang Lumba-lumba, Kelurahan Babussalam, Kecamatan Mandau, Minggu (12/9).

Sebagaimana dilaporkan, api pertama kali muncul sekira pukul 23.30 WIB. Dengan cepat api merembet dan akhirnya menyambar dua unit bangunan jenis rumah toko (Ruko) dan satu lainnya jenis rumah tinggal (Semi Permanen).

Menerima informasi, UPT Damkar Mandau yang kala itu dibawah koordinasi Komandan Regu (Danru) Djoko pada (Shift) malam langsung mengerahkan personelnya.

Petugas melakukan pemadaman | Foto: Bres

Benar, dua unit armada lemadam dikerahkan bersama seluruh anggota regunya. Bunyi sirine truk pemadam sontak memekik pada keheningan tengah malam tadi. “Benar, ada kebakaran di Kelurahan Babussalam, Duri. Tim kita turunkan dengan seluruh peralatan dan dua unit armada pemadam,” kata Djoko, Danru II UPT Damkar Mandau, Senin (13/9).

Baca Juga :  Telin dan BW Digital Jalin Kolaborasi Percepat Konektivitas di Wilayah Indonesia dan Australia

Tiba di lokasi, pihaknya disambut keramaian warga yang ikut menonton ganasnya api malam tadi. Secepatnya, pemadaman oun dilancarkan. Ribuan liter air dimuntahkan dari belalai pemadam guna menjinakkan Sijago Merah.

Sekira pukul 00.31 WIB, api berangsur padam. Pendinginan pun dilanjutkan agar bara api benar-benar padam sempurna. Usai pemadaman, petugas langsung melakukan pendataan di lokasi.

Kala itu, diketahui pemilik Ruko ialah Deni (41). Ia mengaku, hanya bagian dapur bangunannya saja yang terbakar. “Dapur saja yang terbakar, sekitar 10% lah,” kata Deni.

Rangka sepeda motor yang tersisa pasca kebakaran | Foto: Bres

Nahasnya, pemilik rumah semi permanen, Batarman (55) harus menahan pilu. Pasalnya, huniannya ludes terbakar (total). Tak menyisakan satu apapun selain pakaian di badan, kobaran api terlampau ganas dan membuat rumahnya ludes seketika.

Baca Juga :  Kajari Bintan; Apakah Jaksa Punya Wewenang Dengan Mongrove?

“Rumah saya habis terbakar, tak ada yang tersisa. Tidak sempat selamatkan apapun karena api sudah membesar,” sesal Batarman.

Di lokasi, juga tampak satu unit sepeda motor dengan rangka besi yang tersisa pasca diamuk api. Kejadian ini dinilai sangat merugikan para pemilik hunian yang disasar kobaran api.

Menyelidiki hal itu, Kepolisian dari sektor (Polsek) Mandau langsung melakukan penyelidikan guna memastikan penyebab kebakaran. “Sumber api masih diselidiki, belum diketahui. Kerugian belum bisa ditafsir,” ucap Kapolsek Mandau, AKP. Jaliper LT, S.AP.

Selain tim Damkar dan Polsek Mandau, personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) juga hadir malam tadi guna melakukan percepatan pemadaman. Hingga berita ini diterbitkan, keadaan kedua unit bangunan tersebut sangat memprihatinkan.(*)

Baca Juga :  Kajari Bintan; Apakah Jaksa Punya Wewenang Dengan Mongrove?

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles