22.1 C
New York
Senin, Mei 20, 2024

RSUD Mandau Tambah Ruang Operasi, Pasien Infeksius Tak Perlu Dirujuk Jauh

CENTRALNEWS.ID, DURI – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kecamatan Mandau, Duri secara resmi menambah fasilitas berupa ruang operasi. Penambahan dua ruang operasi terbaru ini mulai dibuka dan diresmikan langsung oleh Bupati Bengkalis, Kasmarni, S.Sos., M.MP, Kamis (28/10).

Dalam sambutannya, Kasmarni mengatakan penambahan ruang operasi ini menjadi angin segar bagi seluruh masyarakat Mandau, Pinggir maupun Bathin Solapan. Sebab, setiap pasien yang memerlukan penanganan serius berupa operasi, bisa langsung ditangani di RSUD Mandau.

Peresmian fasilitas (ruang) operasi RSUD Mandau | Foto: Nat

Hal yang paling menggembirakan, pasien dengan riwayat penyakit infeksius seperti COVID-19 dan penyakit lainnya bisa langsung ditangani di dua ruang operasi berfasilitas lengkap ini. “Dengan demikian, pasien yang harus dioperasi dan ternyata terjangkit virus atau sifatnya infeksius tak perlu lagi jauh-jauh dirujuk ke Rumah Sakit atau fasilitas kesehatan di luar Bengkalis seperti ke Pekanbaru. Cukup di Mandau, bisa segera ditangani,” kata Kasmarni, dihadapan seluruh tamu undangan yang hadir kala itu.

Setelah memaparkan kata sambutannya, Kasmarni didampingi Direktur RSUD Mandau dr. Chairiah, para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis dan Kecamatan Mandau sontak beranjak menuju ke lantai II guna meresmikan operasional kamar operasi tersebut.

Peresmian fasilitas (ruang) operasi RSUD Mandau | Foto: Nat

Ditandai dengan pengguntingan pita, fasilitas terbaru ini resmi dibuka oleh Kasmarni dan kemudian ditinjau kelengkapan fasilitas serta kemaksimalan pelayanan oleh tenaga medis di dalam ruangan tersebut.

Mengingat sangat sterilnya ruangan ini, tak sembarang orang bisa leluasa masuk ke dalamnya. Sanitasi, higienitas serta pencegahan paparan virus sangat dihindarkan dengan ketatnya pengawasan serta sterilisasi menggunakan peralatan maupun cairan pembasmi kuman dan virus.

Peresmian fasilitas (ruang) operasi RSUD Mandau | Foto: Nat

Lebih lanjut, Direktur RSUD Mandau menjelaskan bahwa ruang operasi terbaru ini diperuntukkan bagi setiap penanganan serius termasuk bagi pasien dengan riwayat penyakit infeksius. “Benar kata Ibu Bupati, pasien infeksius bisa ditangani di RSUD Mandau. Jadi tak perlu jauh-jauh lagi ke luar Bengkalis atau tak perlu dirujuk kesana-sini, disini sudah bisa kita tangani,” imbuh dr. Chairiah.

Peresmian fasilitas (ruang) operasi RSUD Mandau | Foto: Nat

Kedepan, pihaknya bakal semakin menggebrak pelayanan, penanganan serta kelengkapan fasilitas penyokong tindakan medis di dalamnya. “Dengan ini, kami mohon doa dan dukungan dari masyarakat, rekan sejawat serta Pemerintah agar setiap terobosan baik bisa kita wujudkan guna memaksimalkan pelayanan bagi masyarakat,” pungkasnya.(*)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles