10.1 C
New York
Minggu, April 14, 2024

PPDB Tingkat SMA/SMK se-Riau Resmi Dibuka Hari Ini

CENTRALNEWS.ID, RIAU – Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau resmi membuka sistem Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Online tingkat SMA/SMK sederajat, Senin (28/6).

Sistem pendaftaran kali ini dibuka resmi oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau dengan di-Back Up oleh teknisi dari tim IT Politeknik Caltex Rumbai (PCR) dan tim IT Universitas Lancang Kuning (Unilak).

“Semua sistem, mereka (IT PCR dan Unilak, Red) yang akan menjalankan. PPDB Online tingkat SMA/SMK se-Riau resmi dibuka hari ini, Senin (28/6),” kata Zil Ikram, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau.

Informasi tersebut juga dituangkan dalam surat Disdik Riau bernomor 800/Disdik/1.3/2021/8329 tentang jadwal PPDB dalam jaringan (Daring) yang dirilis 23 Juni lalu.

Dalam surat itu dijelaskan bahwa pengumuman pembukaan PPDB dimulai pada 24 sampai dengan 27 Juni 2021. Kemudian, pendaftaran PPDB Daring dimulai hari ini, Senin (28/6) sampai dengan 3 Juli 2021.

“Untuk mendaftar, para calon siswa sudah bisa mengakses website ppdb2021.riau.go.id pukul 08.00 WIB,” kata Zul Ikram, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Riau, Senin (28/6).

Dijelaskannya, pelaksanaan PPDB tahun ini dibagi menjadi empat jalur, diantaranya jalur prestasi, zonasi, afirmasi dan jalur perpindahan orangtua.

“Sesuai Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi nomor 1 tahun 2021 ada perubahan penerimaan PPDB sesuai jalurnya. Untuk tingkat SMA, jalur afirmasi 15 persen, jalur zonasi 50 persen, jalur prestasi 30 persen, dan jalur perpindahan orangtua 5 persen,” jelasnya.

Sementara itu,  untuk tingkat SMK, penerimaan jalur minat bakat sebesar 65 persen, jalur tempatan 15 persen, jalur afirmasi 15 persen dan jalur perpindahan orangtua 5 persen.

“Untuk penerimaan SMK memang berbeda, lebih banyak pada jalur minat dan bakat. Jadi calon siswa bisa mendaftar dimana saja,” sebutnya.

Dijelaskannya, seleksi dan test khusus calon siswa SMK Negeri juga dimulai hari ini, sampai dengan 5 Juli mendatang. Tentunya, rangkaian ini diwajibkannya menerapkan protokol kesehatan (Prokes) dengan sangat ketat.

Kemudian, pengumuman hasil penerimaan ditaja 7 Juli 2021. Pendaftaran ulang atau Verifikasi berkas dilakukan pada 8-9 Juli 2021. Masa pengenalan lingkungan sekolah atau masa orientasi siswa (MOS) dimulai 10-11 Juli.

“Untuk hari pertama masuk sekolah, dimulai 12 Juli mendatang,” tulis Zul Ikram dalam surat resminya yang ditembuskan kepada seluruh Kepala Sekolah (Kepsek) SMA/SMK Negeri se-Riau.

Zul meminta, serangkaian pelaksanaan PPDB hingga diakhiri dengan MOS dan pembukaan hari pertama masuk sekolah dapat dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah paparan COVID-19.

“Jangan sampai ada klaster PPDB, Prokes harus ketat,” pungkasnya.*Bres

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles