25.3 C
New York
Senin, April 29, 2024

Pelda Yulihar Tajak Sosialisasikan Pencegahan Wabah PMK di Talang Mandi

CENTRALNEWS.ID, DURI – Danramil 03 Mandau, Kapten Arh. Jemirianto diwakili Danposramil Pinggir, Pelda Yulihar tajak patroli kewilayahan untuk meninjau kesehatan hewan ternak jenis sapi sebanyak 8 ekor milik saudari Aminah di kelurahan Talang Mandi, kecamatan Mandau, Bengkalis – Riau, Jumat (24/11).

Pemeriksaan kesehatan hewan ternak tersebut dilakukan untuk mencegah wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang dapat menyerang dan menjangkiti hewan ternak warga. Diketahui, wabah tersebut sangat berbahaya bila sampai menjangkiti ternak dan berujung kerugian.

Mencegah hal itu, Pelda Yulihah aktif lakukan pemantauan dan bersosialisasi kepada warga dan seluruh peternak yang ada di wilayah binaannya untuk selalu memerhatikan kesehatan ternak, kebersihan kandang dan lingkungan, sumber pakan serta melakukan vaksinasi agar hewan ternaknya lebih kebal terhadap virus dan kuman penyebab penyakit.

Baca Juga :  Peringati HUT Korem 031/WB ke-65, Danramil 03 Mandau Tajak Silahturahmi ke Ponpes Hubbulwathan - Duri

“Sepanjang pemantauan kita tidak menemukan adanya hewan ternak yang terjangkit PMK atau penyakit lainnya. Semua sapi milik ibu Aminah dalam keadaan sehat,” kata Pelda Yulihar, wakili Danramil 03 Mandau Kapten Jemirianto.

“Meski PMK tidak terdeteksi, peternak tetap kita imbau untuk selalu cermat memelihara ternaknya dengan pola kebersihan, lingkungan dan pakan yang sehat supaya ternaknya tetap terjaga. Bila adanya indikasi wabah PMK yang dicurigai, warga kita imbau segera melapor ke kita agar dapat dilakukan upaya pencegahan penularan lebih meluas,” tukasnya. (Bres)

 

 

 

 

 

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles