11.9 C
New York
Sabtu, April 20, 2024

Jamin Kelancaran Distribusi Air Baku untuk Masyarakat, Jaringan Pipa PDAM Duri Diremajakan

CENTRALNEWS.ID, DURI – Perwujudan program unggulan nan mensejahterakan masyarakat oleh Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis, Kasmarni – Bagus Santoso terus digencarkan.

Setelah pembuatan jalan dan berbagai sarana infrastruktur dikerjakan, kini giliran ranah Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kantor Cabang Duri, Kecamatan Mandau yang disasar.

Benar, jaringan perpipaan di wilayah kerja dan jangkau aliran PDAM Duri tampak diremajakan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Bengkalis.

Darwin Ginting, Kepala Kantor PDAM Cabang Duri membenarkan hal itu. Ia mengatakan proyek pekerjaan yang tengah berlangsung di bilangan jalan Babussalam, Kelurahan Air Jamban, Kecamatan Mandau – Duri merupakan gawean Dinas PUPR Bengkalis guna mendukung dan meningkatkan kinerja pemerintah dalam menjamin kelancaran suplai atau aliran air baku untuk masyarakat.

Pemeliharaan jaringan pipa PDAM Duri | Foto: Bres

“Suplai air baku merupakan salah satu program unggulan Bupati Bengkalis dalam mensejahterakan masyarakat. Untuk meningkatkan keandalan suplai air, maka dilakukanlah peremajaan jaringan pipa. Tujuannya, agar masalah atau gangguan suplai air bersih akibat kebocoran oleh faktor usia maupun pipa pecah bisa dihindarkan,” kata Darwin, Selasa (9/11).

Baca Juga :  Sertu SDG. Barus Gencarkan Sosialisasikan Pencegahan Wabah PMK di Talang Mandi

Proses pipanisasi, kata Darwin, merupakan giat peremajaan bukan pembuatan jaringan baru dan mulai dikerjakan sejak siang tadi di bilangan jalan Babussalam.

Peremajaan jaringan pipa tersebut merupakan kali pertama sejak berdirinya kantor PDAM di jalan Babussalam – Duri. “Pipanisasi itu merupakan peremajaan. Pipa yang lama itu usianya sudah sangat panjang. Sudah ada sejak tahun 97 atau 98-an. Intinya pipa pertama itu sudah ada sejak berdirinya kantor PDAM dan belum pernah diganti, makanya selama ini sering bocor, pecah dan banyak gangguan lainnya,” ujarnya.

Oleh karena itulah, pihaknya segera berkoordinasi dengan Bupati Bengkalis serta Dinas PUPR bengkalis guna membahas peremajaan jaringan pipa. Kebetulan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis saat ini tengah menggesa penyediaan air baku lewat proyek Durolis (Dumai – Rohil – Bengkalis) yang berpusat di wilayah Bathin Solapan.

Pemeliharaan jaringan pipa PDAM Duri | Foto: Bres

Nantinya, jaringan perpipaan Durolis juga bakal tersambung ke wilayah kerja PDAM Duri sehingga kualitas pipa perlu ditingkatkan agar penyuplaian air baku bagi masyarakat tetap lancar tanpa gangguan.

Baca Juga :  Serda AT. Silaban Sosialisasikan Pengamalan Nilai Luhur Pancasila di Desa Beringin

“Ini merupakan perhatian khusus Bupati Bengkalis. Sebab, suplai dan baku mutu air bersih kepada masyarakat menjadi kebutuhan pokok yang sangat vital. Dengan koordinasi intens, dilakukanlah proses peremajaan jaringan pipa di wilayah kerja (suplai air) PDAM Cabang Duri agar pengaliran air kepada masyarakat bisa terjamin dengan baik,” sebut Plt. Kepala Dinas PUPR Bengkalis, Ardiansyah menambahkan.

Sampai kini, kata Ardiansyah, proses pengerjaan masih dilakukan dan akan segera dirampungkan agar suplai air kepada masyarakat tetap terpenuhi dengan baik. “(Peremajaan pipa) Sedang dikerjakan. Ini atensi pimpinan kita. Kesejahteraan masyarakat dalam memeroleh air baku jadi prioritas dan diharap tanpa kendala, makanya jaringan yang lama diremajakan,” imbuh dia.

Hingga sekira pukul 16.00 WIB sore tadi, proses penggantian pipa lama dengan rangkaian pipa baru masih berlangsung. Dengan adanya aktifitas pekerjaan, sebagian ruas jalan Babussalam terpaksa ditutup untuk sementara waktu.

Pemeliharaan jaringan pipa PDAM Duri | Foto: Bres

Dikonfirmasi, Camat Mandau Riki Rihardi turut membenarkan proses pekerjaan itu. Ia dan personel dari kantor UPT Workshop PUPR Duri Rudi Rinaldo sebelumnya juga telah meninjau ke lapangan.

Baca Juga :  Serka N. Saragih Sosialisasikan Pengamalan Nilai Luhur Pancasila di Desa Tengganau

“Benar, itu proyek peremajaan jaringan pipa. (Peremajaan) Dilakukan, agar pendistribusian air baku bagi masyarakat dapat terus terlaksana tanpa gangguan dan semakin mewujud-nyatakan program kerja pemerintah, terkhusus Ibu Bupati dan Wakilnya untuk mewujudkan Kabupaten Bengkalis yang bermarwah, maju dan sejahtera. Dan, Alhamdulillah, pekerjaannya sedang dilaksanakan, semoga cepat rampung,” ujar Riki.

Sebelumnya, Kasmarni bersama perangkat kerjanya juga telah meninjau pekerjaan pada areal proyek Durolis di wilayah Bathin Solapan.

Kala itu, bupati perempuan pertama di Negeri Junjungan ini menyebut suplai air kepada masyarakat akan semakin luas dan andal.

“Kehadiran Durolis diharap mampu meningkatkan kinerja pemerintah dalam menyediakan dan mendistribusikan air bersih bagi masyarakat Kabupaten Bengkalis di wilayah Pulau Sumatera. Aset ini akan menyokong kinerja yang telah ada dan dilangsungkan sebelumnya. Semoga cepat diselesaikan dan dampak baiknya dapat segera dirasakan oleh masyarakat,” ungkap Kasmarni beberapa waktu lalu.(*)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles