22.1 C
New York
Senin, Mei 20, 2024

Bupati Bengkalis Ajak Sektor Swasta dan BUMN Berkontribusi Tingkatkan PAD

CENTRALNEWS.ID, DURI – Bupati Bengkalis, Kasmarni mengajak seluruh unit atau bidang Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan pihak Swasta untuk dapat atau turut serta dalam berkontribusi serta bekerja sama untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bengkalis.

Hal itu disampaikan dalam forum silaturahmi peran serta sektor BUMN dan swasta dalam upaya meningkatkan PAD di Ballroom Hotel Surya Duri, Kecamatan Bathin Solapan, Rabu (17/11).

Keberadaan BUMN dan dunia usaha (Swasta), kata Kasmarni, sangat berperan penting dalam mewujudkan kemakmuran daerah. Kemakmuran yang dimaksud dinilai dapat tercapai dengan berkontribusi secara nyata terhadap penerimaan PAD, baik dalam bentuk deviden maupun pajak.

“Dewasa ini kita masih bergantung dengan Dana Bagi Hasil (DBH) Migas, namun karena migas adalah Sumber Daya Alam (SDA) tak terbarukan dan dapat habis, maka sejak dini kita harus bisa mengoptimalkan seluruh potensi untuk menambah PAD,” kata Kasmarni di hadapan seluruh peserta dalam forum tersebut.

Bupati perempuan pertama di Negeri Junjungan dan Riau secara umum ini menegaskan jika potensi PAD tidak dioptimalkan, maka suatu saat (mungkin) daerah tak akan mampu membiayai kehidupannya sendiri dan hal ini jelas berpengaruh kepada masyarakat luas.

Oleh karenanya, Kasmarni berharap dan meminta agar seluruh sektor usaha dapat memberikan akses dan informasi langsung kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis. Hal itu diminta agar penilaian ulang terhadap kumulatif pajak dan retribusi dapat dilakukan, secara otomatis PAD Bengkalis dapat meningkat.

Penandatanganan berkas dalam forum silahturahmi Pihak Swasta, BUMN dan Pemkab Bengkalis | Foto: Bres

“Untuk itu kami akan terus berupaya, membuat terobosan-terobosan dan inovasi serta memformulasikan pelayanan yang baik agar wajib pajak atau dunia usaha dapat terlayani secara baik, cepat dan nyaman dengan berbagai kemudahan yang diberikan,” ujarnya.

Jika peran dan kontribusi BUMN maupun dunia usaha ini terwujud secara baik, Kasmarni yakin peningkatan PAD Kabupaten Bengkalis bukanlah sebuah tantangan, namun berubah menjadi sebuah peluang. Artinya, pembiayaan dan pembangunan daerah dapat dioptimalkan apabila setiap badan usaha sadar akan kewajibannya melalui pembayaran pajak.

“Untuk itu, mari bersama sama kita taat membayar pajak. Dengan begitu, komitmen kita dalam membangun daerah menuju Kabupaten Bengkalis bermarwah, maju dan sejahtera dapat terwujud,” tutup Kasmarni.

Turut hadir Wakil Bupati Bengkalis H Bagus Santoso, Sekretaris Daerah Bengkalis H Bustami Hy, Tenaga Ahli Bupati Isa Selamat, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Bengkalis Heri Indra Putra, Plt. Kepala Bappeda Bengkalis Syahruddin, Tim Penilaian Beni Murdani, PT. PLN Persero Zulfikar Rambe, PT Intan Sejati Andalan Fauziah Hanum Rotonga, PT Hutama Karya Fendy Dwi Pradita, PT Adei Heru Andoyo serta para undangan.(Bres)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles