3 C
New York
Rabu, Februari 21, 2024

Bersama Warga, Puskesmas Sebangar Sembelih 4 Ekor Hewan Qurban Sempena Idul Adha 1442 H

CENTRALNEWS.ID, BATHIN SOLAPAN – Petugas Medis di Puskesmas Sebangar, Kecamatan Bathin Solapan turut serta menyemarakkan Hari Raya Idul Adha 1442 H, Selasa (20/7).

Dalam pelaksanaannya, jajaran yang dipimpin oleh Prismi, SKM ini mengurbankan empat ekor hewan ternak yang terdiri dari seekor sapi dan tiga ekor kambing.

Seluruh petugas dari fasilitas kesehatan itu bersama dengan warga sekitar tampak berbaur dalam suasana penuh kekeluargaan. Berbasis protokol kesehatan, pihaknya langsung menyembelih keempat hewan qurban.

Personel Puskesmas Sebangar bersama warga menyemarakkan Hari Raya Idul Adha dengan berqurban | Foto: Bres

Euforia para petugas dan warga sekitar mencairkan suasana kala itu. Penyembelihan, pemotongan, pembersihan, hingga pembungkusan hewan qurban ini dilakukan bertahap dan berbasis kerja sama nan solid.

Prismi menyebut, momentum suci itu dimanfaatkan olehnya dan jajaran untuk mempererat tali silahturahmi dengan masyarakat yang bermukim di sekitar Puskesmas Sebangar. “Sambil memotong hewan qurban, tetap kita edukasi warga untuk selalu disiplin menjalankan protokol kesehatan (Prokes),” kata Prismi, Rabu (21/7).

Sembari bersenda gurau, pihaknya menyelesaikan seluruh tahap penyembelihan. Setelahnya, Prismi bersama rekan sejawat langsung membagi-bagikan bungkusan daging sapi dan kambing kepada seluruh masyarakat yang hadir kala itu.

Personel Puskesmas Sebangar bersama warga menyemarakkan Hari Raya Idul Adha dengan berqurban | Foto: Bres

Tak henti disitu, pihaknya juga mendistribusikan langsung bungkusan daging siap olah itu kepada warga dengan mendatangi dari rumah ke rumah. Cara itu dilakukan untuk tetap mengontrol jalannya prokes dengan mengurangi kerumunan saat prosesi penyembelihan.

“Betul sekali, kita terapkan prokes yang baik. Jadi acara yang dijalankan tetap sesuai dengan anjuran pemerintah,” imbuhnya.

Seluruh bungkusan daging qurban ludes dibagi-bagikan kala itu. Selain proses penyembelihan, pihaknya juga langsung mengolah daging tersebut menjadi penganan nan lezat untuj disantap bersama warga.

Momentum hari raya Idul Adha 1442 H dijadikan Prismi sebagai ajang berbagi dengan masyarakat di tengah kian memburuknya geliat ekonomi akibatt perebakan wabah COVID-19.

Tak banyak hal yang dapat dilakukan selain berbagi dan saling menyemangati satu sama lain, begitulah cambuk semangat yang dilontarkan Prismi di antara para warga dan jajarannya.

Personel Puskesmas Sebangar bersama warga menyemarakkan Hari Raya Idul Adha dengan berqurban | Foto: Bres

Ia berharap, momentum sakral itu dapat dijadikan teladan bagi setiap orang untuk saling membangun, saling membantu, serta saling menyemangati. Terlebih kepada warga sekitar, ia berharap tetap saling menjaga dan bertegur sapa dengan petugas pada sarana kesehatan yang dipimpinnya.

“Suasana qurban ini kita diajarkan untuk saling bekerja sama, berbagi dan saling menyemangati satu sama lain. Kiranya, dengan pelaksanaan acara ini kita semua semakin dipulihkan dari keadaan saat ini,” sebut Kepala UPT Puskesmas Desa Sebangar ini.

“Tak lupa, saya sangat berterima kasih kepada seluruh warga yang tetap setia menjaga fasilitas dan tetap ramah kepada seluruh petugas. Kemudian, marilah kita semua untuk tetap memanjatkan doa kepada Sang Khalik. Kiranya dengan kuasaNya, keadaan kita bisa membaik dan pandemi ini segera berlalu. Selamat hari raya Idul Adha 1442 H bagi kita yang merayakan, salam sehat dan semangat selalu,” pungkasnya.(*)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles