12.9 C
New York
Minggu, Oktober 6, 2024

Modus Tawarkan Jasa Urus Surat Tanah, TNI Gadungan Pangkat Letkol Dinas di BAIS Tipu PNS

CENTRALNEWS.ID – Seorang pria nekat mengaku sebagai anggota TNI berpangkat Letkol. Tidak hanya itu, Rn (36) juga mengaku berdinas di Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI kepada korbannya.

Dengan modal ini, ia menipu seorang pegawai negeri sipil (PNS) berinsial M. Modusnya, TNI gadungan berpangkat Letkol ini bisa mengurus surat tanah.

Kaur Humas Polres Metro Depok, Iptu Made Budi menyebut, Rn datang menemui korban penipuan menggunakan seragam TNI lengkap untuk meyakinkan korbannya.

Ia mengaku bisa membantu urusan surat tanah. Korban yang percaya akhirnya meminta bantuan kepada pelaku untuk mengurus pemisahan SHM dan perbaikan data letak tanah pada Maret 2022.

Dari situ, pelaku meminta sejumlah uang kepada korban dan berjanji akan bisa menyelesaikannya selama tiga sampai empat bulan.

Baca Juga :  Jelang Hari Kesaktian Pancasila, Jadikan Sohib Bedelau

“Kesepakatan harga pengurusan sebesar Rp 8.000.000 yang dijanjikan terlapor selesai sekitar 3 hingga 4 bulan, tetapi sampai saat ini tidak selesai dan uang korban tidak dikembalikan,” ucapnya.

Atas hal itu, korban melaporkannya ke Polres Metro Depok dan berhasil ditangkap dengan menyita sejumlah bukti. Diantaranya seragam TNI berpangkat Letnan Kolonel, SIM dan KTP pelaku, pistol korek hingga sangkur komando.

“Saat ini sudah ditahan di Polres Metro Depok,” ungkapnya.

Penangkapan TNI gadungan berpangkat Letkol ini sebelumnya viral di medsos. Dalam video yang viral di medsos itu memperlihatkan seorang pria yang tengah melepas seragam TNI di sebuah ruangan.

Dalam video yang diunggah @lensa_berita_jakarta dituliskan jika pria tersebut baru saja ditangkap lantaran menjadi anggota TNI gadungan di wilayah Cipayung, Depok, Jawa Barat.(*)

Baca Juga :  Tinjau Posko Pemenangan, Cermin Optimis Menang di Pulau Tiga Barat

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles