23.8 C
New York
Minggu, Oktober 6, 2024

Dukung Kemajuan UMKM Lokal, Danramil Bengkalis Kunjungi Sentra Tenun Batik Langgam Sako

CENTRALNEWS.ID, BENGKALIS – Dukung kemajuan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di bawah binaan badan usaha milik desa (BUMDes) Teluk Latak, Dandim 0303 Bengkalis Letkol. Inf. Endik Yunia Hermanto diwakili Danramil 01 Bengkalis Kapt. Cpl. Farimus Hendriko kunjungi sentra Tenun Batik ‘Langgam Sako’, Jumat (21/7).

UMKM yang diprakarsai Direktur BUMDes, Nofrizal ini sukses mencuri perhatian Kapten Hendriko kala kunjungannya bersama Babinsa Serda MH. Gunawan. Di pusat tenun batik tersebut, Hendriko berdecak kagum melihat kemolekan corak batik nan kental ornamen khas Melayu tersebut.

 

Dukung kemajuan UMKM lokal, Danramil 01 Bengkalis kunjungi sentra tenun batik Langgam Sako | Foto: Bres

“Dalam satu bulan, pengrajin di sentra tenun batik ini bisa menghasilkan sebanyak lima lembar kain siap jual. Motifnya beragam dan kental ciri khas Melayu, sangat molek dan berkarya seni tinggi. Kita semua sangat mengapresiasi,” kata Kapten Hendriko.

Baca Juga :  Kapolda Kepri Jamin Keamanan Operasional SKK Migas di Wilayah Kepri

Wujud dukungan untuk memajukan UMKM asli Negeri Junjungan itu, pihaknya siap menggunakan kain batik tersebut bermaksud mempromosikan agar produk kerajinan ini bisa semakin dikenal dan merajai pangsa pasar batik di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau bahkan tingkat Nasional sekalipun.

Dukung kemajuan UMKM lokal, Danramil 01 Bengkalis kunjungi sentra tenun batik Langgam Sako | Foto: Bres

“Akan kita promosikan, bila perlu kita arahkan juga anggota untuk membeli dan menjadikan kain batik ini sebagai trend busana agar pemasarannya lebih meluas. Dengan demikian, kita harapkan usaha tenun batik ini akan semakin maju dan menyerap lebih banyak pengrajin demi mensejahterakan masyarakat serta mengangkan trend fashion Kabupaten Bengkalis lebih tinggi, berdaya saing dan mandiri. Mari, kita cintai dan gunakan produk lokal asli Indonesia,” ujarnya menyemangati.

Baca Juga :  Cen Sui Lan dan Jarmin Besuk Pasien di RSUD Natuna, Janjikan Kesehatan jadi Prioritas
Dukung kemajuan UMKM lokal, Danramil 01 Bengkalis kunjungi sentra tenun batik Langgam Sako | Foto: Bres

Pada kesempatan itu, Kepala Desa Teluk Latak, Mansur mengapresiasi kunjungan Danramil 01 Bengkalis beserta para Babinsa ke sentra kain tenun batik Langgam Sako. Ia merasa bangga geliat UMKM BUMDes-nya mendapat perhatian dari kalangan prajurit TNI Angkatan Darat.

“Kami bangga unit usaha BUMDes bisa dikunjungi Bapak-bapak TNI (Kodim 0303 Bengkalis, red). Semoga UMKM kain tenun batik Langgam Sako ini bisa semakin maju dan mengharumkan nama daerah di tingkat yang lebih tinggi. Terima kasih atas apresiasi dan kunjungannya hari ini Pak Danramil dan jajaran,” ungkap Kades Mansur. (Bres)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles