18.3 C
New York
Minggu, Oktober 6, 2024

Di Bawah Kepemimpinan Roby, Inovasi Bintan Semakin Meningkat

CENTRAL BATAM. CO. ID, BINTAN – Jiwa muda yang penuh inovasi dan kreatif Roby Kurniawan diakui baik dalam maupun luar negeri. Hal ini dibuktikan saat Pemkab Bintan yang saat ini dipimpin oleh Roby Kurniawan berhasil meraih penghargaan.

Penghargaan itu b

erupa Inovative Government Award (IGA) atau penghargaan kepada pemerintahan yang memiliki inovasi tahun 2022 dari Kementerian Dalam Negeri. Dimana, melalui IGA ini dapat ketahui indekx inovasi setiap daerah.

Setelah mendapat penghargaan, Roby Kurniawan mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat dan OPD di Kabupaten Bintan. Karena menurutnya, penghargaan itu dapat diraih berkat kerja sama yang baik antar pemerintah dan masyarakat.

“Terimakasih untuk masyarakat dan OPD di lingkungan Pemkab Bintan. Bintan menjadi salah satu Kabupaten ter inovatif berkat kerjasama yang baik kita semua, ” ujarnya, Minggu (27/11).

Baca Juga :  Karutan Kelas I Tanjung Pinang Minta Nasihat Kapolda Kepri Yan Fitri

“Karenanya, mari jaga kekompakan menuju Bintan Bangkit. Bangkit dari ekonomi dan kesejahteraan bersama,” lanjutnya.

Sebagai Nahkoda yang membawa Bintan membawa Kabupaten sebagai Kabupaten ter inovatif, Roby Kurniawan langsung diajak oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI ikut dalam program unggulan. Program itu berupa Digital Leadership Academy (DLA) yang dirancang oleh Perguruan terbaik dunia.

Bukan tanpa alasan, DLA mengundang Roby Kurniawan lantaran Indeks atau penilaian IGA itu termasuk dalamnya pengendalian APBD hingga pengendalian inflasi di Bintan.

Program pelatihan DLA bagi Pimpinan Daerah lokus Singapura ini dilaksanakan oleh Kemkominfo RI bersama Kemendagri RI serta Amazon Web Services di KBRI Singapura pada 23 – 26 November.

Baca Juga :  Jelang Hari Kesaktian Pancasila, Jadikan Sohib Bedelau

Saat dihubungi dan ditanyai terkait hal ini, Bupati Bintan menyampaikan banyak inovasi yang masih dapat dilakukan di Bintan khususnya terkait percepatan digitalisasi.

“Era teknologi sekarang ini kita memang tidak boleh tutup mata dan berdiam diri, kalau tidak kita yang tertinggal. Tanpa mengenyampingkan kearifan lokal dan kekayaan budaya, Daerah harus ikut beradaptasi dengan kemajuan” Paparnya. .

Selain itu, ia juga menuturkan banyak hal yang bisa didapat untuk dikembangkan. Dari penyampaian materi, terobosan-terobosan Negara Maju hingga diskusi antar Kepala Daerah, dirinya percaya bahwa Bintan mampu mengepakkan sayapnya.

“Tentu harus dengan komitmen bersama dan keterlibatan banyak pihak. Tapi kita percaya Bintan punya segudang potensi untuk hal ini. Bintan yang kita harapkan menjadi smart city bukan andaian belaka” tambahnya.

Baca Juga :  Kurangi Jumlah RTLH, Cen Bangun 431 Unit BSPS di Natuna

Kepala Daerah mendapatkan pemahaman tentang culture of innovation dan digital transformation in government dari Amazon Web Services yang telah menjadi mitra Pemerintah Singapura. Selanjutnya untuk memahami tantangan smart city dalam meutilisasi intelligent estate, smart mobility, sustainability, advance manufacturing, urban agriculture, smart wellness, healthcare, urban logistics dan cloud computing.

Peserta juga berkesempatan mengunjungi Government Investment Corporation (GIC) untuk mendapatkan pemahaman tentang capital management and funding serta potensi yang investasi untuk pemerintah daerah.(Ndn)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles