11.9 C
New York
Sabtu, April 20, 2024

Upika Rupat Siagakan Personel untuk Mitigasi dan Tanggulangi Karhutla

CENTRALNEWS.ID, RUPAT – Unsur Pimpinan Pemerintah Kecamatan (Upika) Rupat kembali menaja program kesiap-siagaan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) tahun 2022. Acara ini ditandai dengan apel gelar pasukan yang dipimpin Camat Rupat M. Rusydy MR, S.STP., M.Si dan diikuti Danramil beserta anggota Koramil 05 Rupat, Kapolsek Rupat beserta anggota, Lurah dan Kades se-Kecamatan Rupat, Masyarakat Peduli Api (MPA) di tiap-tiap Kelurahan dan Desa, Damkar Rupat, serta seluruh jajaran yang ada di lingkungan Kecamatan Rupat, Senin (24/1).

Melibatkan 100 personel gabungan, apel tersebut ditujukan guna mempersiapkan tim dan seluruh personel rangka menghadapi musim kering yang bakal terjadi beberapa waktu mendatang. Sebagaimana diketahui, kala musim kemarau melanda, wilayah Rupat identik dengan Karhutla nan meresahkan.

Upika Rupat cek kesiapan personel dan peralatan pemadam kebakaran | Foto: Bres

“Oleh karena itu, kita harus bersiap. Personel dan seluruh peralatan harus disiagakan sempena menghadapi potensi Karhutla rahun ini. Lebih utama, kita harus berfokus untuk memitigasi kebakaran. Bila perlu, jangan sampai ada Karhutla di Rupat,” kata Camat Rupat memimpin apel gelar pasukan.

Memaksimalkan hal itu, Rusydy meminta seluruh peralatan dan kelengkapan yang dimiliki oleh MPA di tiap-tiap Kelurahan maupun Desa akan menjadi ujung tombak dan keselamatan di lapangan. Tak lupa, ia mengajak semua pihak untuk bekerja sama dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan. “Karena hal ini sudah menjadi atau merupakan suatu bencana yang tidak bisa di tanggulangi oleh satu pihak saja, kita harus kompak mengatasinya,” ujarnya.

Tak lupa ia mengapresiasi keterlibatan dan kehadiran seluruh stakeholde, baik instansi pemerintah maupun swasta dalam penanganan Karhutla di Kecamatan Rupat.

Upika Rupat cek kesiapan personel dan peralatan pemadam kebakaran | Foto: Bres

“Atas keterlibatan seluruh pihak, ucapkan terima kasih. Kita harus serius menanggulangi potensi Karhutla di Kecamatan Rupat ini, kita harus siap siaga sebelum berperang di lapangan. Dan saya harap tidak ada titik api di Rupat,” harapnya.

Rakor Mitigasi Karhutla di Rupat

Usai melaksanakan apel kesiapsiagaan personel dan peralatan pemadam kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Camat Rupat M. Rusydy MR langsung memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) pencegahan (mitigasi) Karhutla di Aula Kantor Camat Rupat, Senin (24/1).

Kala itu Camat Rupat memaparkan beberapa hal terkait Karhulta di wilayah Kecamatan Rupat dan sekitarnya. Adapun diantaranya adalah lokasi atau titik rawan api, sarana dan prasarana dalam mengatisipasi Karhutla serta upaya yang harus dilaksanakan dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran dan hambatan medan yang dihadapi saat terjadinya Karhutla.

Upika Rupat cek kesiapan personel dan peralatan pemadam kebakaran | Foto: Bres

“Sangat penting menjaga hutan agar tidak terjadi kebakaran, jelas ini menjadi tanggung jawab kita bersama dalam menjaga alam terutama yang ada di Kecamatan Rupat,” ucap Rusydy.

Seluruh Kades dan Lurah di Lingkup Kecamatan Rupat pun diimbau untuk ikut serta mensosialisasikan mitigasi Karhutla kepada warga agar program pencegahan kebakaran tahun ini bisa terlaksana dengan baik.

“Mari sama-sama kita dukung program pemerintah, baik pemerintah pusat maupun daerah terkait pencegahan dan penanganan Karhutla. Juga termasuk mengenai program vaksinasi, apalagi sekarang virus corona terus bermutasi,” tuturnya.

Upika Rupat cek kesiapan personel dan peralatan pemadam kebakaran | Foto: Bres

Pada kesempatan itu, Danramil Rupat menyampaikan peran penting seluruh pihak dalam mencegah titik api. “Sangat pentingnya meningkatkan koordinasi antara Bhabinsa, Bhabinkamtibmas dan MPA serta masyarakat, khususnya masyarakat yang memiliki kebun agar apabila terjadi kebakaran dapat secara bersama-sama menanggulanginya,” seru Danramil Rupat.

Seraya itu, Kapolsek Rupat juga mengajak seluruh pihak untuk ikut berkerja sama dalam menanggulangi Karhutla di Kecamatan Rupat. “Apabila ada kebakaran, hendaknya kita saling bersinergi dalam upaya mencegahnya. Dengan demikian Karhutla di Kecamatan Rupat dapat segera teratasi,” harap Kapolsek. (Bres)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles