28.1 C
New York
Sabtu, Mei 25, 2024

Tempah Karakter Tangguh pada Anak Usia Dini, Disdik Bengkalis Gelar Giat Positif di TKN Pembina

CENTRALNEWS.ID, BANTAN – Guna membentuk karakter yang tangguh pada anak usia dini, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bengkalis menggelar sejumlah kegiatan nan positif di Taman Kanak-Kanak Negeri (TKN) Pembina di Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Senin (30/8).

Mulai dari mengkisahkan dongeng, pengenalan makanan, tarian dan musik daerah Negeri Junjungan serta mengenalkan Apotik hidup sejak usia kanak-kanak diterapkan oleh para pendidik dan diarahkan langsung oleh Dinas Pendidikan.

Giat-giat tersebut disosialisasikan untuk menciptakan mental tangguh pada anak usia dini, berkarakter, cerdas, sehat ceria dan berakhlak mulia. Adapun sasaran giat kali ini adalah TK Negeri Pembina I Selat Baru, Kecamatan Bantan.

Kegiatan ini digagas langsung oleh Kabid Paud dan Pendidikan Non-Formal, Akna Juita dan sangat didukung oleh Kadisdik Bengkalis, Edi Sakura, M.Pd. Kala itu, skema mendongeng dipimpin oleh Bunda PAUD Bantan, Sumiati.

Program PAUD Terintegrasi oleh Disdik Bengkalis | Foto: Bres

Antusias para peserta pecah saat itu, tawa ceria, fokus mendengar dan ekspresi penasaran para generasi penerus bangsa di TK itu sangat mewarnai momen emas yang terlaksana siang tadi.

Selain di Bantan, giqt serupa ternyata telah dilakukan di TK Negeri Pembina I Bengkalis. Di lokasi ini, pengenalan makanan, tarian dan musik daerah Negeri Junjungan diterapkan melalui berbagai metode penyampaian menarik nan menghibur.

Lalu, di TK Negeri Pembina I Bukit Batu juga diadakan kagiatan Pengecekan Kesehatan, penyampaian langkah mencuci tangan dan menyikat gigi yang benar. Selain itu, TK Negeri Pembina I Siak Kecil juga tak mau ketinggalan.

Ya, disana kegiatan diisi dengan ragam penyuluhan perlindungan anak bagi tenaga pendidik dan wali murid serta sosialisasi Pelaksanaan Program Bina Paud Terintegrasi (Prona Pasi). Kemudian, TK Negeri II Pembina Bengkalis juga aktif dalam memperkenalkan sejumlah permainan rakyat kepada para peserta didik.

Program PAUD Terintegrasi oleh Disdik Bengkalis | Foto: Bres

Akna Juita menegaskan, tujuan lain dari pelaksanaan giat tersebut adalah untuk optimalisasi pelayanan PAUD dengan Program Bina PAUD Terintegrasi (Prona Pasi) di Kabupaten Bengkalis. “Kegiatan ini dilakukan secara bertahap, diharapkan kedepan terlayani dan terpenuhi pelayanan dan hak-hak anak terhadap anak usia dini,” kata Akna.

Tak hanya itu saja, Kabid Paud dan Pendidikan Non Formal ini menyerukan, untuk melaksanakan seluruh rangkaian acara, pihaknya telah berkoordinasi terkait program Prona Pasi dan sosialisasi tentang Program Bina PAUD Terintegrasi kepada seluruh stakeholder dan lembaga PAUD yang ada.

“Langkah ini dilakukan untuk mewujudkan cita-cita pemerintah menjadikan PAUD Kabupaten Bengkalis yang lebih berkualitas, selaras dengan Visi Pemerintah Kabupaten Bengkalis, menjadikan Kabupaten Bengkalis yang Bermarwah, Maju dan sejahtera. Maka kepada semua pihak mari kita tingkatkan kepedulian dan layanan terhadap anak usia dini,” pungkasnya.(*)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles