21.9 C
New York
Selasa, Juni 25, 2024

Suluhkan Penanganan Dini Kanker Payudara dan Stroke, RSUD Mandau Gelar Seminar Virtual

CENTRALNEWS.ID, DURI – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kecamatan Mandau – Duri kembali menggelar penyuluhan virtual bagi masyarakat. Kali ini, kesadaran dini terkait penanganan Kanker Payudara (Breast Cancer) dan Stroke menjadi tajuk yang disampaikan, Sabtu (30/10).

Direktur RSUD Mandau, dr. Chairiah menjelaskan, penyuluhan diselenggarakan sempena peringatan hari Stroke sedunia dan bulan Breast Cancer.

Lantaran pandemi masih melanda, maka penyuluhan bagi masyarakat ditaja lewat siaran virtual pada akun Instagram dan Facebook @RSUDMandau. Mempromosikan aspek kesehatan, Dokter Spesialis Bedah Sub Spesialis Onkologi RSUD Kecamatan Mandau dr. Salamullah, M. Ked (Surg), Sp. B (K) Onk turut terlibat.

Sebelumnya, dr. Fanel, Sp.S dan dr. Intan Yulia Sari, MSc., Sp.S turut memaparkan materi pengetahuan dan penanganan dini terkait stroke kepada masyarakat.

Baca Juga :  Nutech Hadirkan 5 Inovasi Transportasi Cerdas Berkelanjutan Melalui ITS Asia Pacific Forum 2024

Dalam seminar online siang tadi, dikatakan bahwa pengenalan dan perlawanan breast cancer harus diupayakan sedini mungkin. Dengan demikian, dampak dan kesakitan yang ditimbulkan di kemudian waktu dapat segera ditangani dengan cepat dan akurat.

“Kanker Payudara masih merupakan musuh nomor satu bagi kaum wanita dan Penyebab kematian nomor dua untuk Kasus Kanker yg terjadi pada wanita di Dunia,” kata Kepala SMF Bedah dr. Rinaldi Syahputra, Sp.B dan dr. Chairiah Hafid dalam kata sambutannya sempena membuka seminar virtualnya.

Terlambatnya penanganan cancer (kanker, red) pada area payudara dapat membuat stadium atau tingkat keparahan semakin meningkat. Bila stadium bertambah, maka penanganan medis bisa lebih rumit dan menyebabkan terapi Kanker Payudara menjadi tidak maksimal.

Baca Juga :  Nutech Hadirkan 5 Inovasi Transportasi Cerdas Berkelanjutan Melalui ITS Asia Pacific Forum 2024

Oleh karena itulah, seminar kali ini diadakan dengan harapkan seluruh masyarakat, khususnya kaum perempuan bisa terhindar dari jangkitan Kanker Payudara. Namun bilapun terkena, setiap pasien diharap dapat segera mendeteksi dan memeriksakan kesehatan sedini mungkin agar pertolongan medis bisa lebih maksimal.

“Kenali ciri-ciri atau gejalanya. Bila terdapat tanda-tanda kanker payudara, segera periksakan ke fasilitas kesehatan terdekat atau dengan mengunjungi RSUD Mandau,” imbuh Dokter Spesialis Bedah Sub Spesialis Onkologi RSUD Kecamatan Mandau dr. Salamullah, M. Ked (Surg), Sp. B (K) Onk.

Seminar yang dimoderatori oleh dr. Hasanah ini di laksanakan secara Online dan di saksikan lebih dari 300 peserta dari seluruh lapisan masyarakat, khususnya kaum wanita.(*)

Baca Juga :  Nutech Hadirkan 5 Inovasi Transportasi Cerdas Berkelanjutan Melalui ITS Asia Pacific Forum 2024

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles