19.4 C
New York
Senin, Juni 17, 2024

Pungli dan Premanisme Resahkan Warga, Kapolsek Mandau: Sikat!

Kapolsek Mandau, AKP. Julifer Lumban Toruan, S.AP

CENTRALNEWS.ID, DURI – Wujudkan rasa aman, nyaman dan tenteram di tengah kehidupan bermasyarakat terlebih bagi para pelaku usaha dalam geliat niaganya, Kapolsek Mandau AKP. Julifer Lumban Toruan, S.AP mengaku siap melakukan pengawalan, Rabu (16/6).
Ya, perwira muda berpangkat tiga balok emas di pundaknya ini mengaku siap melanjutkan instruksi Kapolri, Kapolda Riau dan Kapolres Bengkalis dalam memberantas dugaan aksi pungutan liar (Pungli) dan Premanisme di wilayah hukum Polsek Mandau sebagai perwujudan terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) yang kondusif.
“Setiap orang atau kelompok yang merusak atau mengancam keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat bakal kita tindak tegas. Kita tumpas sampai ke akar-akarnya,” kata AKP. Julifer.
Seruan tegas itu diungkapkannya, lantaran tak terima dengan aksi pungli dan premanisme yang diduga kerap terjadi di wilayah Kecamatan Mandau dan Bathin Solapan.

Hal ini juga termasuk di wilayah Pasar Tradisional Mandau, Duri. Disana, diduga marak terjadinya praktik pungli dan premanisme yang dinilai sangat mengganggu kenyamanan warga, serta para pelaku usaha.
“Ini perintah langsung dari Presiden RI, Bapak Ir. Joko Widodo dan pimpinan kita, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang menegaskan segala bentuk dan aksi Pungli maupun Premanisme untuk diberantas dengan maksimal. Hal ini, juga kita terapkan di Duri,” katanya.
Dalam pelaksanaannya, ia mengajak seluruh masyarakat di Kecamatan Mandau maupun Bathin Solapan untuk segera melaporkan bila menemukan atau menjadi korban dari praktik pungli maupun premanisme.
Selain itu, sosialisasi terkait Harkamtibmas juga bakal lebih digencarkan seirama dengan intensitas patroli personel kepolisian yang juga semakin diperbanyak.

“Kita akan lakukan aksi dan tindakan yang terukur. Intinya, setiap orang yang mengganggu atau bahkan mengancam, serta meresahkan masyarakat dan pelaku usaha akan ditumpas. Kita tak main-main dalam hal ini, jangan coba-coba. Akan kita sikat bersih semua,” serunya.
Aksi itu langsung menjadi sorotan dan menuai beragam dukungan dari masyarakat. Hal itu terlihat dari barisan karangan bunga yang berjejer di depan Mapolsek Mandau dengan tajuk dukungan pemberantasan aksi pungli dan premanisme.
Dukungan kuat pun datang dari Camat Mandau, Riki Rihardi, S.STP., M.Si. ia mengatakan bahwa Pemerintah Kecamatan Mandau sangat berterima kasih atas tindak cepat Polres Bengkalis dan Polsek Mandau dalam menumpas aksi pungli dan premanisme di wilayah berjuluk Kota Minyak ini.

Camat Mandau Riki Rihardi, S.STP., M.SI
“Kami sangat berterima kasih atas gerak cepat Bapak Kapolres Bengkalis, Kasat Reskrim dan tentunya Bapak Kapolsek Mandau. Tindakan yang dilakukan sangat berdampak positif bagi keamanan dan ketenteraman masyarakat, terkhusus bagi para pelaku usaha yang ada di Duri,” hatur Riki memberi dukungan.
Tak tinggal diam, Camat Mandau ini bahkan siap bersinergi bersama Polri dalam menumpas tuntas gurita pungli dan premanisme yang ada dan disebut sangat meresahkan.

“Kita siap mendukung dan siap seirama dengan Polri. Apapun yang diarahkan Pak Kapolsek dalam hal penumpasan pungli dan premanisme akan kita dukung penuh, bahkan kita (Pemerintah) siap ikut dalam pelaksanaannya,” tegasnya Camat yang dikenal ramah dan dekat dengan warganya ini.

Riki berharap, berbagai tindakan terukur yang dilaksanakan jajaran kepolisian bisa memberi dampak positif bagi warganya dan mampu menumbuhkan atau mempercepat pulihnya geliat perekonomian di tengah pandemi COVID-19.

“Saya dan kita semua sangat mendukung. Semoga memberi dampak positif dan bisa mengawal pertumbuhan atau bangkitnya roda perekonomian warga dalam situasi (pandemi) sepeti saat ini,” pungkasnya.*Bres

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles