16 C
New York
Sabtu, Oktober 5, 2024

Pimpin Upacara sempena hari PGRI, Kasmarni: Wujudkan Merdeka Belajar, Cerdaskan Generasi Bangsa!

CENTRALNEWS.ID, DURI – Bupati Bengkalis Kasmarni, S.Sos., M.MP memimpimpin pelaksanaan Upacara sempena hari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) tahun 2021, di halaman utama Kantor Camat Mandau, Kamis (25/11).

Menerapkan protokol kesehatan, upacara tersebut antusias diikuti oleh para guru. Selain upacara, pada kesempatan tersebut juga diserahkan penghargaan kepada beberapa guru dan murid berprestasi, serta memberikan bantuan sembako kepada beberapa warga yang ada di Kecamatan Mandau.

Kala itu, Kasmarni membacakan sambutan tertulis Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud-Ristek) Nadiem Makarim. Dihadapan seluruh peserta upacara dan tamu undangan, dikatakan bahwa pandemi COVID-19 tidak memadamkan semangat para guru.

Pada situasi ini, semangat seluruh tenaga pendidik justru kian bergejolak bak menyalakan obor perubahan. Guru-guru se-Indonesia menginginkan perubahan, termasuk dalam hal ‘Merdeka Belajar’.

“Guru se-Indonesia menginginkan kesempatan yang adil untuk mencapai kesejahteraan yang manusiawi, guru se-Indonesia menginginkan akses terhadap teknologi dan pelatihan yang relevan dan praktis. Guru se-Indonesia menginginkan kurikulum yang sederahana dan bisa mengakomodasi kemampuan dan bakat setiap murid yang berbeda-beda,” ujarnya.

Masih kata Kasmarni, guru se-Indonesia menginginkan pemimpin-pemimpin sekolah mereka untuk berpihak kepada murid, bukan pada birokrasi. Mereka ingin kemerdekaan untuk berinovasi tanpa dijajah oleh keseragaman.

Upacara sempena hari PGRI | Foto: Bres

“Merdeka belajar sudah berubah dari sebuah kebijakan menjadi suatu gerakan. Contohnya, penyederhanaan kurikulum sebagai salah satu kebijakan merdeka belajar, berhasil melahirkan ribuan inovasi pembelajaran. Gerakan ini semakin kuat karena ujian yang kita hadapi bersama. Gerakan ini tidak bisa dibendung atau diputarbalikkan, karena gerakan ini hidup dalam setiap insan guru yang punya keberanian untuk melangkah kedepan menuju satu tujuan utama, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa,” serunya.

“Wujudkan merdeka belajar, cerdaskan generasi penerus bangsa,” pungkasnya.

Upacara itu berlangsung khidmat dan dihadiri Kadisdik Hj. Kholijah, S.Pd.I, Kadisparbudpora Edi Sakura, M.Pd, Camat Mandau Riki Rihardi, S.STP., M.Si, serta seluruh tamu dan peserta upacara yang berbahagia.(Bres)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles