16 C
New York
Sabtu, Oktober 5, 2024

Pasang-Surut Sungai Rokan Bikin Jalan Utama Kepenghuluan Bangko Kiri Terbelah

CENTRALNEWS.ID, ROHIL – Akibat terdampak pasang-surut aliran Sungai Rokan, jalan Utama Kepenghuluan Bangko Kiri, Kecamatan Bangko Pusako, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) terbelah, Sabtu (9/10).

Kerusakan jalan ini cukup parah dengan bentang belahan sepanjang (+-) 50 meter dan berlokasi di wilayah RT007/RW003 dan diduga terdampak abrasi parah akibat pasang-surutnya aliras air sungai tersebut.

Benny, seorang warga menyebutkan jalan tersebut tampak baik-baik saja beberapa waktu belakangan. Akan tetapi, curah hujan kian meningkat dan membuat debit air Sungai Rokan meninggi.

Jalan di Bangko Kiri, Rohil terbelah diduga akibat abrasi | Foto: Nat

Alhasil, gerusan berupa abrasi tanah pada sisi jalan terjadi secara perlahan. Selang beberapa waktu, abrasi kian parah dan akhirnya membuat bidang jalan terbelah nan panjang.

Baca Juga :  Kapolda Kepri Minta Nahdlatul Ulama Menjaga Kerukunan di Kepri

“Memang abrasi ini yang kita takutkan, sekarang jalan yang terbelah. Kalau air pasang terus, keadaan bisa semakin parah. Bisa jadi jalan ini ditelan bumi semuanya,” kata Benny.

Warga setempat memang kian resah akibat pasang besar nan menggerus lapisan tanah ini. Keadaan kian mencekam dengan keberadaan buaya yang kerap mengintai wilayah ini.

Jalan di Bangko Kiri, Rohil terbelah diduga akibat abrasi | Foto: Nat

“Selain pasang yang mengikis tanah oenopang jalan, buaya juga jadi ancaman. Semoga ada solusi terkait hal ini. Kami yang tinggal di sekitar Sungai Rokan ini jafi was-was,” sebut Syamsir, warga lainnya.

Hingga berita ini diterbitkan, keadaan jalan itu masih membelah. Pasang surut air sungai masih terjadi dan membuat lapisan tanah makin terkikis.

Baca Juga :  Cen Sui Lan dan Jarmin Besuk Pasien di RSUD Natuna, Janjikan Kesehatan jadi Prioritas

Warga berharap pemerintah setempat segera ambil tindakan guna menangani polemik tersebut. “Tolong jalannya segera diperbaiki. Apalagi buaya-buaya di sungai ini, jangan sampai merenggut korban. Kami harap segera ada solusi,” pungkasnya.(*)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles