-0.5 C
New York
Rabu, Februari 21, 2024

‘Nyeker’ di Bengkalis, ‘Nyebur’ ke Batam. Aksi Jokowi Tanam Mangrove Bikin Rakyat Bangga!

CENTRALNEWS.ID, RIAU – Presiden RI Ir. Joko Widodo kian tersohor dan merebut banyak hati masyarakat. Dalam kunjungan kerjanya ke dua provinsi berbeda, Presiden ke-7 ini menorehkan aksi sederhana yang membuat banyak orang kian bangga dan terkesima terhadap sosok pemimpin satu ini.

Seperti yang terekam kamera awak media ini, sskira pukul 10.30 WIB pagi tadi ia tiba di Pantai Wisata Raja Kecik, Desa Muntai Barat, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis – Riau, Selasa (28/9).

Disana, ia terlibat dalam agenda penanaman Mangrove guna meredam dampak abrasi pantai sekaligus penyediaan hutan bakau sebagai ekowisata dan yang paling penting adalah penyediaan paru-paru dunia dalam menyerap emisi karbon lewat banjaran pohon bakau di bibir pantai Raja Kecik, Bengkalis.

Penanaman bakau di Pantai Wisata Raja Kecik, Desa Muntai Barat, Kecamatan Bantan – Bengkalis. Presiden RI tampak Nyeker | Foto: Bres

Didampingi Menteri KLHK RI Siti Nurbaya dan Bupati Bengkalis, Kasmarni serta seluruh masyarakat Jokowi turun langsung mengambil bibit bakau dan menanamnya.

Tak menggunakan alat bantu, terlebih alas kaki. Jokowi tampil dan beraksi sederhana dalam menanam bibit-bibit bakau bersama anak-anak dan warga sekitar. Penampilannya yang terlihan ‘Nyeker’ ini kian riuh ditanggapi masyarakat.

Kasmarni dampingi Presiden RI di Desa Muntai Barat | Foto: Bres

Seruan ‘Jokowi Presidenku’ dan ‘Kami Bangga jadi RakyatMu’ menggelegar kala itu. Alangkah polosnya, Jokowi membalas seruan itu dengan lambaian tangan dan tanda-tanda bagi warga untuk selalu diaiplin menjalankan protokol kesehatan.

Beranjak dari Bengkalis, Jokowi tiba di Bandara Hang Nadim, Batu Besar – Batam. Di Kota Industri ini, ia juga menanam bakau di bibir pantai.

Penanaman bakau di Pantai Wisata Raja Kecik, Desa Muntai Barat, Kecamatan Bantan – Bengkalis. Presiden RI tampak Nyeker | Foto: Bres

Bila di Bengkalis ia nyeker alias tanpa alas kaki, beda lagi di Pantai Setokok, Batam. Di lokasi kedua ini, ia malah Nyebur alias mengarungi deruan pasang laut yang mulai meninggi.

“Air pasang ditambah guyuran gerimis, jadilah basah-basahan. Tapi tak apa, basahnya paling cuma 15 menit saja,” celetuk mantan Walikota Solo dan Gubernur DKI Jakarta ini.

Aksi ‘Nyeker’ dan ‘Nyebur’ ala Jokowi dalam kunjungan kerjanya hari ini kian santer di tengah masyarakat dan membuat decak kagum semakin tak segan dilontarkan. “Di Bengkalis Nyeker, di Batam malah Nyebur. Bukan main Presiden kami.. Sehat dan semangat selalu Pak De,” balas akun lainnya di kolom komentar akun sosial media @jokowi.

Jokowi nyebur saat tanam mangrove di Pantai Setokok, Batam | Foto: Bres

Aksi sederhana sang Presiden yang menyatu dengan alam dan masyarakat seolah memberi signal bagi seluruh pejabat di Nusantara untuk tetap humble dan sejuk dalam melaksanakan tugas dan pelayanannya.

Keramahan yang sederhana membuat Joko Widodo kian digemari masyarakat, terlebih pada periode kedua masa tugasnya mengabdi di NKRI. Pesan sederhananya bahkan membahana, ia tak ingin membuat rakyatnya susah. “Bakaunya dijaga, tolong dirawat ya. Sama-sama kita lestarikan lingkungan, jangan malah merusak,” pesan Jokowi kala mengakhiri aktifitasnya di Pantai Setokok, Batam.(*)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles