10.1 C
New York
Minggu, April 14, 2024

Mantap! Kecamatan Mandau Sukses Lampaui Target Vaksinasi Massal COVID-19

CENTRALNEWS.ID, DURI – Kecamatan Mandau – Duri, Kabupaten Bengkalis sukses lampaui target vaksinasi COVID-19 sebagaimana telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat lewat tim Satuan Tugas (Satgas) Nasional.

Seyogyanya, setiap daerah Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia, termasuk tingkat Kecamatan diwajibkan untuk melaksanakan vaksinasi massal bagi masyarakat guna mewujudkan kekebalan komunal atau Herd Immunity.

Vaksinasi massal bagi ribuan pelajar di Kecamatan Mandau | Foto: Bres

Untuk dapat dikatakan mencapai target, setiap daerah atau wilayah wajib mencapai kisaran angka 70 persen (%) dari total populasi penduduk atau masyarakat di dalamnya yang telah divaksin COVID-19.

Dari standar minimal target tersebut, ternyata Kecamatan Mandau telah jauh melampaui. Dari data yang diperoleh tim CentralNews.id pertanggal 21 Desember 2021, presentase capaian vaksinasi massal di Mandau telah menduduki angka 80,89%.

Camat Mandau, Riki Rihardi | Foto: Bres

Dikonfirmasi, Camat Mandau Riki Rihardi, S.STP., M.Si membenarkannya. Ia menegaskan, lampauan target vaksinasi ini dapat dicapai berkat kerja keras tim Satgas dari unsur Pemerintah Kecamatan Mandau dan Desa/Kelurahan, personel TNI/Polri, Dinas Kesehatan lewat UPT Puskesmas, Satpol PP dan pihak terkait lainnya.

“Berkat kerja keras kita bersama, capaian target vaksinasi di Mandau sukses terlampaui. Dari target minimal 70%, kita sukses mencapai 80,89%. Alhamdulillah. Terima kasih saya ucapkan kepada seluruh pihak yang terlibat dan ikut ambil bagian dalam mensukseskan giat vaksinasi massal yang diselenggarakan di Mandau,” kata Riki Rihardi, Jumat (24/12).

Camat Mandau Riki Rihardi bersama pihak terkait memantau giat vaksinasi COVID-19 | Foto: Bres

Selain kepada petugas, tak lupa ia menyampaikan ungkapan terima kasihnya kepada seluruh masyarakat Mandau yang telah mendukung, mensukseskan serta telah bersedia menerima suntikan vaksin COVID-19 baik dosis kesatu maupun dosis kedua.

Tanpa ketersediaan dan sambutan baik dari masyarakat, capaian target sebagaimana dicanangkan pemerintah pusat bakal sangat sukar terwujudkan pada wilayah berjuluk ‘Kota Minyak’ ini.

Camat Mandau tinjau giat vaksinasi warga dari lima Kelurahan | Foto: Bres

“Jelas itu, terima kasih untuk seluruh masyarakat Mandau. Terima kasih atas dukungan dan terima kasih telah bersedia menerima suntikan (dosis) vaksin sempena memutus mata rantai pandemi COVID-19. Semoga kekebalan komunal segera terwujud di tengah-tengah kita,” harap Riki.

Sebagaimana diketahui, berkat capaian vaksinasi massal di Kecamatan Mandau yang sukses melampaui target, status Kabupaten Bengkalis turut terangkat dan membawa Negeri Junjungan menduduki posisi ‘Mencapai Target’ pada presentase diatas 70%.

Penyerahan Masker dan Hand Sanitizer ke sekolah-sekolah di Kecamatan Mandau | Foto: Bres

Benar saja, progres vaksinasi massal di Mandau memang sangat berpengaruh besar pada capaian target tingkat Kabupaten Bengkalis. Bagaimana tidak, mayoritas masyarakat bermukim disana dan menjadikan wilayah itu bak sentral atau pusat populasi (kehidupan bermasyarakat, red).

“Alhamdulillah, capaian vaksinasi dari Mandau yang sukses melampaui target turut mendongkrak target tingkat Kabupaten Bengkalis. Seperti Mandau, kini Kabupaten Bengkalis juga sukses mencapai target vaksinasi massal,” ujar mantan lurah Air Jamban ini.

Camat Mandau tinjau giat vaksinasi warga dari lima Kelurahan | Foto: Bres

Meski demikian, Riki tak mau berpuas hati. Ia bersama seluruh tim Satgas di Kecamatan Mandau berniat terus mendongkrak presentase capaian vaksinasi massal pada kisaran minimal 90% dan atau maksimal 100% masyarakat yang divaksin. Hal itu digesa guna mencapai kesempurnaan target dan perwujudan Herd Immunity di Kota Minyak.

Vaksinasi di Desa Bathim Betuah sukses lampaui target | Foto: Bres

“Kita kejar terus. Minimal kita capai angka 90% dan maksimal 100% bila Allah mengizinkan. Bisa kita support target dari vaksinasi massal kaum lanjut usia (Lansia) atau bahkan pelajar. Besar potensi Mandau untuk terus menaikkan presentase warga yang telah divaksin. Sampai detik ini, kita terus dan masih konsisten untuk melaksanakan vaksinasi massal di berbagai tempat dan kesempatan,” serunya.

Vaksinasi massal di Mancy Mall Duri | Foto: Bres

Pun demikian, walau vaksinasi massal telah melampaui target yang ditentukan, Camat Mandau ini tetap mengimbau seluruh masyarakat untuk tetap sadar dan aktif mematuhi protokol kesehatan (Prokes).

Tak lupa ia menghaturkan ungkapan terima kasih kepada petinggi Negeri Junjungan, yakni Bupati Bengkalis dan seluruh jajaran yang telah dan selalu mendukung hingga kegiatan vaksinasi massal dapat melampaui target dari pemerintah pusat.

Vaksinasi tajaan DPD KNPI Kabupaten Bengkalis | Foto: Bres

“Walau (vaksinasi) sudah lampaui target, masyarakat tetap kita imbau untuk selalu disiplin menjalankan prokes. Kemudian, secara khusus, kita ucapkan terima kasih kepada Ibu Bupati Bengkalis, ibu Kasmarni yang tak sudahnya mendukung kita di tingkat Kecamatan dalam mencapai target vaksinasi massal. Bersama, kita pasti bisa mewujudkan kekebalan komunal atau Herd Immunity. InshaAllah, Mandau dan Negeri Junjungan harus bangkit dari pandemi,” pungkasnya. (Bres)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles