19.5 C
New York
Selasa, Juli 2, 2024

Jalan Rusak di Km 3,5 Kulim Diperbaiki

CENTRALNEWS.ID, BATHIN SOLAPAN – Beberapa waktu lalu, akses lalu lintas di Kilometer (Km) 3,5 jalan lintas Sumatera sektor Duri – Dumai, Kecamatan Bathin Solapan tampak rusak parah.
Namun hari ini, kerusakan yang ada tampak langsung ditangani dengan penimbunan yang dilakukan menggunakan batu kerikil dan kemudian dipadat-ratakan.
“Kemarin Dinas PUPR Kabupaten Bengkalis sudah menyurati Kementerian PUPR terkait keadaan jalan itu. Alhamdulillah, langsung ditanggapi,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bengkalis, Ardiansyah, ST., MT, Kamis (24/6).
Ia menegaskan, perbaikan jalan yang dilakukan masih berupa tahapan awal yakni pemadatan dan perataan dengan menggunakan batu kerikil yang kemudian dilidas menggunakan alat berat.

Setelah padat, barulah jalan tersebut kembali diaspal untuk mengembalikan fungsi dan kenyamanan para pengguna jalan. “Bertahap, sekarang masih diratakan dahulu. Lubang-lubangnya juga sudah ditimbun,” ucapnya.

Keadaan itu turut disambut baik Camat Bathin Solapan, Wahyudin, S.Sos., M.Si. ia mengaku lega atas respon Kemen-PUPR dalam perbaikan yang dilakukan disana.

“Alhamdulillah, terima kasih kepada pihak Kementerian yang cepat respon menanggapi keluhan masyarakat. Sekarang jalan itu sedang dikerjakan perbaikannya,” ucap Wahyudin.
Sebelumnya, kata Wahyudin, lubang-lubang di jalan itu telah ditimbun oleh pekerja PT Epsindo Jaya Pratama (EJP) dengan menggunakan blok-blok batu. Koordinasi antara pemerintah kecamatan Bathin Solapan dan manajemen perusahaan itu dijalin dengan baik, alhasil, perataan ruas jalan yang rusak bisa digesa sembari menunggu bantuan total dari Kementerian PUPR sebagai pihak berwenang dalam pembuatan, perbaikan dan peremajaan aset Nasional itu.

“Betul, kemarin PT Epsindo juga ikut serta menimbun dan meratakan jalan itu dengan menggunakan bebatuan. Kepedulian mereka sangat kita apresiasi, ternyata manajemen perusahaan sangat peduli dengan keselamatan pengguna jalan dan masyarakat secara umum,” seru Camat Bathin Solapan ini.

Dikonfirmasi, Manager PT Epsindo, Irwan, melalui Staf Hubungan Masyarakat (Humas), Budi turut menegaskan bahwa pihaknya menyambut baik arahan Camat Bathin Solapan untuk membantu memperbaiki jalan yang berada tepat di depan perusahaan.
“Sebenarnya itu kewenangan Kementerian PUPR. Tapi, berhubung Pak Camat mengarahkan, maka kita ikut serta melakukan penimbunan. Karyawan langsung kita kerahkan untuk mengangkut bebatuan dan menimbun lubang menganga di ruas jalan,” kata Budi, pagi tadi.

Pasca ditimbun, jalanan sempat merata sesaat. Namun mengingat lintas tersebut marak dilalui kendaraan bertonase berat, timbunan bebatuan kembali remuk.
“Setelah kita timbun, sempat rata. Tapi kita kan sama-sama tahu bahwa kendaraan yang lewat itu bermacam-macam, bahkan bertonase berat pun lewat. Jadi, wajar saja rusak lagi. Tapi kita sudah berusaha membantu sebisa mungkin,” cakap Budi.

Beruntung, perbaikan besar-besaran langsung dilakukan Kemen-PUPR. Di lokasi, tampak alat berat hilir mudik meratakan tumpahan batu kerikil di titik kerusakan jalan.
Setelah diratakan, proses pemadatan pun dilakukan untuk mencegah kecelakaan pengguna jalan. “Sejak semalam (Rabu, red), sudah ditimbun. Sekarang lanjut meratakan dan memadatkan, setelah padat barulah diaspal,” kata salah seorang pekerja perbaikan jalan.
Terkait pekerjaan di ruas jalan ini, Wahyudin pun mengimbau seluruh masyarakat dan pengguna jalan untuk lebih hati-hati saat melintas. “Jalan sedang diperbaiki, hati-hati saat melintas. Jangan sampai terjatuh atau celaka,” pesannya.*Bres

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles