5.6 C
New York
Jumat, Maret 29, 2024

Dandim 0303 Edukatif! Ajak Anak-anak Mandiri Seimbangkan Waktu Bermain dan Belajar

CENTRALNEWS.ID, BENGKALIS – Pembinaan teritorial di jajaran Kodim 0303 Bengkalis dewasa ini tak hanya menyasar lingkungan orang-orang dewasa di tengah masyarakat pada umumnya. Usai melaksanakan Sholat Jumat bersama jajaran, Dandim 0303 Bengkalis, Letkol. Inf. Endik Yunia Hermanto tampak menyempatkan waktu berbincang ramah dengan beberapa anak lelaki di areal Masjid Al-Falah, Bengkalis – Riau, Jumat (3/2).

Tengah asyik beradu mainan kekinian ‘Lato-lato’, anak-anak tersebut dihampiri Endik. Tak canggung, orang nomor satu di kubu Kodim 0303 ini unjuk kebolehan dengan memainkan Lato-lato di antara kawanan anak-anak tersebut. Meski tak selihai mereka, namun Dandim tetap berupaya hingga akhirnya berhasil.

Dandim 0303 Edukatif! Ajak Anak-anak Mandiri Seimbangkan Waktu Bermain dan Belajar | Foto: Bres

Hal itu dijadikan Endik perumpamaan yang sederhana tentang proses kehidupan di lingkungan anak-anak. “Semua permainan itu sulit, kita mesti pelajari baru akhirnya kita bisa memainkannya. Sama seperti belajar, bersekolah, beribadah, membantu orangtua membereskan pekerjaan di rumah, dan banyak hal. Semuanya harus kita pelajari agar kita bisa tahu banyak hal,” ungkap Letkol Endik sembari memainkan Lato-lato yang dipinjamnya dari anak-anak tersebut.

Baca Juga :  Telkom Catat Kinerja 2023 Positif, Pertumbuhan Laba Bersih 18,3 Persen

Ia memandang, tindak edukasi pada anak tak melulu dengan materi pelajaran yang sifatnya monoton. Namun banyak hal dapat dijadikan momen belajar, termasuk saat bermain. “Kapanpun kita bisa belajar, tergantung niat dan keinginan kita untuk menyeimbangkan waktu. Jangan terlalu banyak main, ingat juga untuk belajar. Sebaliknya, jangan terlalu memaksakan diri belajar sampai jenuh, sesekali bermainlah secukupnya supaya nanti bisa segar lagi untuk belajar. Kejar cita-cita setinggi langit dan bintang, tapi jangan lupa juga nikmati masa kecilnya agar kelak saat dewasa kehidupannya lebih berwarna,” pesannya. (Bres)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles