21.9 C
New York
Minggu, Oktober 6, 2024

Kodim 0303 Siapkan 62 Hektare Lahan Gesa Program Ketahanan Pangan di Bengkalis

CENTRALNEWS.ID, BENGKALIS – Komandan Distrik Militer (Dandim) 0303 Bengkalis, Letkol (Inf) Endik Yunia Hermanto bersama jajarannya siapkan 62 Hektare lahan di wilayah Desa Sungai Linau, Kecamatan Siak Kecil untuk dijadikan lahan pertanian sempena program Ketahanan Pangan. Hal itu disampaikan dalam rapat virtual bersama Danrem 031/WB, Brigjen. TNI. Parlindungan Hutagalung, Kamis (14/4).

Diikuti Dandim se-Provinsi Riau, rapat tersebut membahas berbagai kesiapan terkait peresmian program ketahanan pangan di Kabupaten Bengkalis yang akan dipusatkan di Desa Sungai Linau, Kecamatan Siak Kecil 18 April 2022 mendatang.

Rapat virtual Kodim 0303 Bengkalis bahas kesiapan Program Ketahanan Pangan bersama Danrem 031/WB | Foto: Bres

Letkol (Inf) Endik menyampaikan, pusat lokasi ketahanan pangan tersebut ditaja dengan menyiapkan seluas 62 Hektare lahan dengan status ‘Pinjam Pakai’ Kelompok Tani Berkah Mandiri.

“Adapun kelompok tani yang akan mengolah lahan di Sungai Linau, yakni kelompok tani Sungai Linau Maju Bersama, Berkah Mandiri, Bangun Sari dan Karya Mukti dengan penyuluh, saudara Sugeng,” kata Letkol Endik.

Luas lahan tersebut, kata dia, bakal dikelola untuk mensukseskan ketahanan pangan dengan menanamkan komoditi Jagung sekitar 20 Hektare dan Ubi Kayu 42 Hektare. “Persiapan di lokasi acara sekitar 80 persen (%). Nanti kita hanya tinggal membangun pondoknya saja, dan untuk tanah kita sudah siap,” ujarnya.

Rapat virtual Kodim 0303 Bengkalis bahas kesiapan Program Ketahanan Pangan bersama Danrem 031/WB | Foto: Bres

Ia menegaskan, pihaknya sudah mempersiapkan bibit jagung dan ubi kayu jelang penanaman secara serentak dan disaksikan oleh Danrem 031/WB. “Semoga dengan diluncurkannya program ketahanan pangan di Kabupaten Bengkalis, geliat perekonomian masyarakat dapat terdongkrak. Selain itu, kemandirian masyarakat pada sektor pertanian bisa lebih mumpuni dan memberi manfaat yang luas,” harapnya.

Turut hadir dalam rapat tersebut, Kadiskominfotik diwakili Pejabat Fungsional Pranata Humas Ahli Muda Darmawanto, Kasi Layanan Hubungan Media, Muhammad Jazam serta perwakilan dari Dinas Pertanian Kabupaten Bengkalis. (Bres)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles