22.3 C
New York
Minggu, Oktober 6, 2024

Bikin Takjub! Dandim 0303 Bengkalis Resmikan ‘Kampung Pancasila’ di Duri

CENTRALNEWS.ID, DURI – Dideru semangat dan antusias masyarakat dari berbagai latar belakang Suku dan Agama di Kecamatan Mandau, serta disambut tari persembahan, tari Piring dan Tor-Tor, Kampung Pancasila di jalan Kampung Lalang, Kelurahan Air Jamban, Kecamatan Mandau – Duri diresmikan, Rabu (16/3).

Peresmian tersebut dilakukan langsung oleh Komandan Kodim (Dandim) 0303/Bengkalis, Letkol. Inf. Endik Yunia Hermanto dengan ditandai pemukulan gong yang didampingi oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Politik Toharudin, Kaban Kesbangpol Hermanto Baran, Kapolsek Mandau Kompol Indra Prabowo, Danramil 03 Mandau Kapt. Arh. Jemirianto, Camat Mandau diwakili Sekcam Yoan Dema, Lurah Air Jamban Rahmadhani, undangan para tokoh agama dan tokoh adat di kecamatan Mandau.

Peresmian Kampung Pancasila di Kelurahan Air Jamban | Foto: Bres

Ada yang menarik pada acara tersebut, berbagai tarian suku dan budaya tampak megah dipersembahkan, diantaranya Tarian Piring dari Sumatera Barat (Sumbar), kemudian taria Tor-Tor dari suku Batak, Sumatera Utara (Sumut). Rangkaian kegiatan yang berlangsung kental Kebhinekaan nan menghangatkan tenggangrasa antar warga dari berbagai latar belakang.

Baca Juga :  Pengurus Organisasi PBB Ranting Air Jamban Periode 2024 - 2027 Resmi Dikukuhkan
Peresmian Kampung Pancasila di Kelurahan Air Jamban | Foto: Bres

Selanjutnya, ada lomba melukis yang diikuti puluhan peserta dari kalangan pelajar Sekolah Dasar (SD), Menengah Pertama (SMP) dan Menengah Atas (SMA). Dalam kesempatan itu pula, turut dilaksanakan kegiatan vaksinasi massal bagi pelajar dan masyarakat, serta atraksi anak SD Pelopor yang berbaris sambil memegang Bendera Merah Putih saat menyambut kedatangan Komandan Kodim 0303/Bengkalis.

“Kampung Pancasila hadir di Kelurahan Air Jamban, Duri untuk semakin mempererat rajutan silahturahmi antar warga dalam kehidupan bermasyarakat. Mari kita bangun kehidupan yang penuh toleransi, serta mengamalkan nilai luhur Pancasila dalam mewujudkan kehidupan yang bermarwah, maju dan sejahtera di Negeri Junjungan, Kabupaten Bengkalis tercinta ini,” kata Letkol. Inf. Endik YH dalam kata sambutannya.

Peresmian Kampung Pancasila di Kelurahan Air Jamban | Foto: Bres

Mendukung kehadiran Kampung Pancasila, Bupati Bengkalis Kasmarni diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Politik, Toharudin menegaskan, pihaknya sangat bangga dan mengapresiasi Bukit Barisan Kampung Pancasila yang kemudian digalakkan oleh Kodim 0303/Bengkalis di Negeri Junjungan.

“Kami sangat bangga, Kebhinekaan Kabupaten Bengkalis sangat kompleks dan akhirnya diekspos oleh Kodim 0303/Bengkalis. Alhamdulillah, di Kabupaten Bengkalis, Terkhusus di Kecamatan Mandau sangat heterogen. Hal inilah yang kita syukuri dan selanjutnya kita bina menjadi Kampung Pancasila,” kata Kasmarni, sebagaimana diwakilkan Toharudin.

Baca Juga :  Pengurus Organisasi PBB Ranting Air Jamban Periode 2024 - 2027 Resmi Dikukuhkan
Peresmian Kampung Pancasila di Kelurahan Air Jamban | Foto: Bres

Ia berharap, Kampung Pancasila di Kampung Lalang, Kelurahan Air Jamban, Kecamatan Mandau dapat menjadi contoh baik dalam merajut toleransi dan Kebhinekaan di tengah masyarakat.

“Semoga Kampung Pancasila di Kelurahan Air Jamban ini dapat menjadi contoh baik bagi seluruh masyarakat. Mari bersama kita amalkan nilai luhur Pancasila dan budaya luhur bangsa ini. Dengan demikian, potensi perpecahan bersumber dari Isu SARA bisa dihindarkan dengan kentalnya kebersamaan dan kekeluargaan di tengah masyarakat,” serunya.

Peresmian Kampung Pancasila di Kelurahan Air Jamban | Foto: Bres

Sementara itu, seluruh tokoh dan pemuka agama dan budaya di jalan Kampung Lalang yang kini dijadikan Kampung Pancasila mengaku bangga dengan terbentuknya Kampung Pancasila di Duri. “Kami sangat bangga, mengapa? Karena ini merupakan suatu awal terbentuknya kesatuan keberagaman untuk tercapainya tujuan menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang majemuk dan harmonis, cinta damai dan senantiasa mengedepankan musyawarah mufakat dalam setiap perembukan mencari solusi,” harap tokoh agama tersebut.

Baca Juga :  Pengurus Organisasi PBB Ranting Air Jamban Periode 2024 - 2027 Resmi Dikukuhkan
Peresmian Kampung Pancasila di Kelurahan Air Jamban | Foto: Bres

“Semoga Kampung Pancasila di Kelurahan Air Jamban ini menjadi contoh baik bagi seluruh masyarakat, demi terciptanya ketertiban dan kedamaian di tengah kehidupan,” pungkasnya seraya menyerukan Bukit Barisan, Benteng Pancasila! Kita Indonesia, Kita Pancasila.

Usai meresmikan Kampung Pancasila tersebut, Dandim Endik dan jajarannya tampak bercengkrama dengan insan pers yang turut melaksanakan peliputan kala itu. Sembari menyantap penganan, seluruhnya berbagi kisah.

Silahturahmi Dandim 0303/Bengkalis bersama insan pers di Duri | Foto: Bres

Tak menyiakan kesempatan, Dandim Bengkalis ini segera memperkenalkan diri lebih akrab dan menjalin silaturahmi dengan setiap insan pers yang hadir. “Saya berharap kita bisa menjadi rekan kerja yang baik, kami tak menutup hati, bila ada yang hendak ditanyakan terkait kinerja Kodim Bengkalis dan jajaran, silahkan, jangan sungkan. Kita selalu siap menyambut pertanyaan kawan-kawan semua. Semoga terjalin harmonisasi yang baik antara Kodim 0303/Bengkalis dengan insan pers di Duri, Bengkalis daratan secara umum,” pungkas Endik. (Bres)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles