22.3 C
New York
Minggu, Oktober 6, 2024

Kapolda Kepri Dampingi Wapres RI Ma’ruf Amin Resmikan Pasar Encik Puan Perak

CENTRALNEWS.ID, TANJUNG PINANG – Kapolda Kepri Irjen Polisi Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H., mendampingi Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin meresmikan Pasar Encik Puan Perak di Tanjung Pinang Kepri, Senin (9/9/2024).

Sebelumnya, kegiatan diawali dengan penjemputan Wapres RI Ma’ruf Amin di Lanud Raja Haji Fisabilillah Kota Tanjung Pinang. Selanjutnya, Wapres RI Ma’ruf Amin menuju pasar Encik Puan Perak untuk peresmian pasar tersebut.

Setelah menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Ansar Ahmad mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Tanjung Pinang. Apresiasi gubernur untuk antusias masyarakat meski cuaca kurang bersahabat.

“Saya mengajak seluruh pihak untuk terus meningkatkan UMKM lokal guna memperkuat perekonomian di wilayah Kepulauan Riau,” ujar Gubernur Kepri Drs. H. Ansar Ahmad, S.E., M.M., dalam sambutannya.

Selama acara ini, ditampilkan juga video proses pembangunan pasar Encik Puan Perak dan proyek pembangunan infrastruktur jalan-jalan daerah di Provinsi Kepri. Wapres RI Ma’ruf Amin menegaskan pasar ini akan menjadi pusat penggerak ekonomi lokal.

Baca Juga :  Cen Sui Lan dan Jarmin Menyapa Warga Ranai di Warung Kopi

Sebab pasar akan mendukung perkembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di wilayah setempat. Pasar yang telah direvitalisasi ini diharapkan memberikan fasilitas modern, lingkungan yang bersih, dan akses yang mudah.

Menurut Wapres RI Ma’ruf Amin, pasar Encik Puan Perak sebelumnya dikenal sebagai pasar baru di Kota Tanjung Pinang, yakni pasar tertua di kota tersebut. Pasar ini memiliki daya tarik yang khas bagi masyarakat Tanjung Pinang dan sekitarnya.

Sebelumnya, pasar ini mengalami keruntuhan pada salah satu bangunannya, yakni pada Maret 2022. Kemudian Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI segera melakukan rehabilitasi pasar ini.

Kapolda Kepri Irjen Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H., saat mendampingi Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin saat tiba di Lanud Raja Haji Fisabilillah Kota Tanjung Pinang, Senin (9/9/2024)

Kapolda Kepri Irjen Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H., saat mendampingi Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin saat tiba di Lanud Raja Haji Fisabilillah Kota Tanjung Pinang, Senin (9/9/2024)

Proyek renovasi dimulai pada November 2022 hingga selesai pada Desember 2023. Nilai anggaran pembangunan Rp 79,6 miliar yang menghasilkan tiga blok bangunan dan mampu menampung 785 pedagang.

Baca Juga :  352 UMKM Binaan Tingkatkan Daya Saing Produk Melalui Program Nutrition Fact Rumah BUMN Telkom

Wapres RI Ma’ruf Amin juga menyoroti potensi Kota Tanjung Pinang pada sektor industri hasil laut dan pariwisata bahari. Tentu saja dengan hal ini menjadikan pasar ini strategis dalam distribusi produk-produk lokal.

“Saya berharap pasar ini tidak hanya berfungsi sebagai pusat ekonomi lokal, tetapi juga mampu bersaing di tingkat global, seiring dengan upaya pemerintah membangun dan merenovasi 62 pasar rakyat di seluruh Indonesia,” ujar Wapres RI Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin.

Usai peresmian, Wapres RI Ma’ruf Amin beserta rombongan kembali ke Lanud Raja Haji Fisabilillah guna melanjutkan perjalanan menuju Provinsi Bangka Belitung. Dengan peresmian ini diharapkan dapat memberikan dampak yang positif.

Utamanya terhadap perkembangan ekonomi lokal dan memperkuat Kota Tanjung Pinang sebagai pusat perdagangan di Provinsi Kepulauan Riau. Dalam peresmian ini, acara dihadiri Kapolda Kepri Irjen Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H.

Baca Juga :  Roby Kurniawan; Mari Pertahankan Pancasila Dengan Mengamalkan Nilai Yang Terkandung di Dalamnya

Selain itu, dihadiri juga Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Diana Kusumastuti, dan Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi.

Hadir juga Staf Khusus Wapres Bidang Politik dan Hubungan Antarlembaga Robikin Emhas, Staf Khusus Wapres Arif R. Marbun, Tim Ahli Wapres Johan Tedja Surya, dan Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad, S.E, M.M.

Kemudian Kaskogabwilhan I Mayjen TNI Jimmy Ramos Manalu, S.Hub.Int., M.H.I., Danrem 033/WP Brigjen TNI Jimmy Watuseke, S.E., dan Kepala Staf Komando Armada I Laksamana Pertama TNI Haris Bima Bayuseto, S.E. M.Si., M.Tr.Opsla.

Selain itu, hadir juga Kabinda Provinsi Kepulauan Riau Brigjen TNI Bonar Panjaitan S.E., M.Si., para Pejabat Utama (PJU) Polda Kepri, dan unsur Forkopimda Provinsi Kepulauan Riau.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles