22.3 C
New York
Sabtu, Oktober 5, 2024

Lahan Gambut di Buluh Apo Terbakar, Babinsa Mandau Upayakan Pemadaman

CENTRALNEWS.ID, DURI – Hamparan tanah gambut bervegetasi semak belukar di Desa Buluh Apo, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis – Riau dilaporkan terbakar, Selasa (8/8).

Hamparan gambut kering yang ditumbuhi komoditas kelapa sawit di lingkungan RT001/RW001 pada koordinat 1°12’95” North, 101°12’05” East terbakar sejak pagi tadi. Tanggapi keadaan itu, Danramil 03 Mandau Kapten Arh. Jemirianto kerahkan Babinsa Sertu Roy Pardomuan menuju ke lokasi.

Lahan Gambut di Buluh Apo Terbakar, Babinsa Mandau Upayakan Pemadaman | Foto: Bres

Berjarak sekira (±) 45 kilometer dari markas Koramil 03 Mandau, Babinsa tersebut gunakan kendaraan roda dua dan menerabas rimbunnya belukar demi menghemat waktu dan tiba di titik api. “Kita dapat laporan ada titik api di Desa Buluh Apo, segera kita kerahkan Babinsa menuju lokasi untuk lakukan pemadaman,” kata Kapten Jemirianto.

Baca Juga :  Tingkatkan Sinergi, Danrem 033/Wira Pratama Temui Kapolda Kepri Yan Fitri

Setibanya di lokasi, pihaknya segera menggelar selang-selang yang disambungkan pada mesin pompa air. Ribuan liter air yang berasal dari kanal-kanal kecil sekitar pun dimuntahkan ke titik panas, para Babinsa berjibaku memadamkan api yang merongrong sekira (±) 1 hektare pada lahan tersebut.

Lahan Gambut di Buluh Apo Terbakar, Babinsa Mandau Upayakan Pemadaman | Foto: Bres

“Sampai sekira pukul 17.00 WIB Babinsa kita masih mengupayakan pemadaman bersama tim gabungan. Luas yang terbakar sekira 1Ha. Karena hari menjelang petang, pemadaman kita lanjutkan esok hari mengingat lokasi tersebut merupakan alam terbuka yang jauh dari permukiman penduduk dan demi alasan keselamatan,” terangnya.

“Kendala di lapangan sumber air terbatas, lokasi jauh, medan sulit, angin kencang dan cuaca terik. Meskipun demikian, kita tetap berupaya semaksimal mungkin,” tukasnya. (Bres)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles