18.3 C
New York
Sabtu, Oktober 5, 2024

Berbalut Gulita, Babinsa Koramil 03 dan Tim Gabungan Berjibaku Padamkan Karhutla di Duri

CENTRALNEWS.ID, DURI – Sekira pukul 19.30 WIB sebidang lahan bervegetasi semak belukar pada koordinat 1°28’26” North, 101°16’32” East di lingkungan RT006/RW020 jalan Stadion, Kelurahan Air Jamban, Kecamatan Mandau – Duri, Kabupaten Bengkalis – Riau terbakar, Selasa (25/7).

Kebakaran pada lahan kavlingan milik warga setempat itu bikin suasana Selasa malam berubah dramatis. Kobaran api merah merekah menyentak gulita malam, tak ayal warga sekitar panik, takut api menyambar barisan rumah yang berjarak tak jauh dari pusat kobaran api.

Upaya pemadaman Karhutla di jalan Stadion – Duri | Foto: Bres

Beruntung Babinsa Koramil 03 Mandau Peltu Sigit NW dan Praka Alif Alfindo bersama tim gabungan dari Damkar dan BPBD, Fire PT PHR serta dibantu personel Polsek Mandau tiba di lokasi kebakaran. Selang-selang pemadam segera disambungkan ke kran armada guna memuntahkan ribuan liter air ke arah kobaran sijago merah.

Baca Juga :  Roby Kurniawan; Mari Pertahankan Pancasila Dengan Mengamalkan Nilai Yang Terkandung di Dalamnya
Upaya pemadaman Karhutla di jalan Stadion – Duri | Foto: Bres

“Babinsa Koramil 03 Mandau bersama tim gabungan langsung lakukan pemadaman. Lokasinya berjarak sekira 5 kilometer dari markas Koramil 03 Mandau dan cukup dekat dengan lingkungan masyarakat. Terlebih, di lokasi ada rangkaian pipa aset PT PHR, oleh karena itu pemadaman segera kita upayakan semaksimal mungkin,” kata Peltu Sigit wakili Danramil 03 Mandau, Kapten Arh. Jemirianto.

Upaya pemadaman Karhutla di jalan Stadion – Duri | Foto: Bres

Luas lahan yang terbakar diperkirakan 1,5 hektar dan merupakan lahan tanah mineral yang ditumbuhi semak belukar serta pepohonan. Minimnya sumber air dan kencangnya hembusan angin di lokasi kejadian bikin api alot dipadamkan. “Setelah berupaya beberapa waktu, api berhasil kita padamkan sekira pukul 20.45 WIB. Selanjutnya dilakukan pendinginan,” ujarnya.

Baca Juga :  Kapolda Kepri Jamin Keamanan Operasional SKK Migas di Wilayah Kepri
Upaya pemadaman Karhutla di jalan Stadion – Duri | Foto: Bres

Sigit menegaskan bahwa penyebab kebakaran lahan tersebut selanjutnya diselidiki oleh penyidik Polsek Mandau. “Penyebab kebakaran selanjutnya dilidik personel Polsek Mandau. (Bres)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles