22.3 C
New York
Minggu, Oktober 6, 2024

Dandim Bengkalis Semarakkan Penanaman Mangrove Nasional guna Cegah Abrasi Pantai

CENTRALNEWS.ID, BENGKALIS – Berlokasi di pesisir pantai Desa Pangkalan Jambi, Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis – Riau, Komandan Kodim 0303 Bengkalis Letkol. Inf. Endik Yunia Hermanto bersama unsur Forkopimda Bengkalis laksanakan penanaman Mangrove nasional secara serentak sebagaimana juga digalakkan menyeluruh oleh segenap prajurit Tentara Nasional Indonesia, Senin (15/5).

Penanaman mangrove ditaja untuk mencegah abrasi pantai, merehabilitasi kawasan pesisir yang termasuk dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), memulihkan rumah hidup berbagai biota pada pesisir pantai serta mencegah kerusakan alam akibat semakin menipisnya kawasan hutan bakau sebagai benteng terdepan pencegahan abrasi di kawasan pesisir.

Hal itu turut diungkapkan Letkol Endik sesaat setelah melaksanakan penanaman bibit tanaman bernama latin Rhizophora ini.

Dandim Bengkalis Semarakkan Penanaman Mangrove Nasional guna Cegah Abrasi Pantai | Foto: Bres

“Seturut dengan sambutan Bapak Presiden RI dan arahan Bapak Panglima TNI lewat tayangan video, bahwa penanaman Mangrove serentak di seluruh Indonesia ditaja untuk mengembalikan keanekaragaman alam guna menangkal abrasi, menangkal kerusakan alam yang semakin parah, mengembalikan rumah hidup satwa atau biota pesisir, memulihkan perekonomian masyarakat dan daerah serta mempercepat rehabilitasi mangrove guna meredam dampak perubahan iklim akibat pemanasan global,” kata Letkol Endik, Dandim 0303 Bengkalis.

Bertemakan ‘Mangrove for Better Life’, Dandim berharap penanaman bakau di wilayah Bengkalis seturut program jajaran TNI secara nasional tersebut dapat menjadikan pesisir Kabupaten Bengkalis lebih hijau dan kuat menangkal abrasi.

“Bila bakau yang kita tanam ini tumbuh subur, kedepan akan ada kawasan hutan yang rimbun di pesisir pantai. Kita harapkan, akan ada semakin banyak biota laut seperti kepiting bakau dan ikan-ikan yang hidup di sekitarnya. Dengan demikian taraf kehidupan Nelayan dan masyarakat kita harap bisa terangkat guna mewujudkan kesejahteraan berkat keselarasan alam dan manusia yang hidup berdampingan,” harapnya.

Dandim Bengkalis Semarakkan Penanaman Mangrove Nasional guna Cegah Abrasi Pantai | Foto: Bres

“Nah, sektor Ecowisata hutan bakau juga bisa tercipta kedepannya. Dengan demikian, potensi perekonomian masyarakat dan daerah juga bisa mendapat manfaat dari program penanaman mangrove secara serentak oleh Tentara Nasional Indonesia ini,” tukasnya.

Turut terlibat dalam aksi itu Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso, Kapolres Bengkalis diwakili Kabagops, Kepala Staf Kodim 0303 Mayor. Arh. Sudiyono, Camat Bukit Batu, Camat Siak Kecil, Camat Bandar Laksamana, Manager RU II PT Pertamina Sungai Pakning Rahmat Hidayat, Pasiops Kapten. Czi. Suratmin, Pasilog Lettu. Inf. Ucok Doni Samosir, Danramil 05 Bukit Batu Letda. Inf. Erli, Ketua LAM-R Bukit Batu H. Ispandi, para kelompok pemerhati mangrove dan masyarakat sekitar. (Bres)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles