18.3 C
New York
Minggu, Oktober 6, 2024

Gali Potensi Wilayah untuk Kemajuan Rakyat, Danrem 031/WB Jalin Silahturahmi di Rupat Utara

CENTRALNEWS.ID, RUPAT UTARA – Didampingi Komandan Kodim (Dandim) 0303 Bengkalis Letkol. Inf. Endik Yunia Hermanto, Komandan Korem 031 Wira Bima, Brigjend. TNI. Dany Rakca Andalasawan, S.AP., M.Han bersama rombongan bersilahturahmi dan Halal Bihalal di Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, Rabu malam (26/4).

Dalam silahturahmi berbalut diskusi ringan bersama Camat Rupat Utara Aulia Fikri, Danramil Rupat Kapten Inf. Tarman Sugianto, Kapolsek Rupat Utara diwakili Aiptu Pauzi, Danpos TNI AL Rupat Utara diwakili Kopka Manullang, Sekcam Rupat Utara M. Gaok, Kades Tanjung Medang Saipul, kalangan pengusaha, tokoh masyarakat dan warga setempat, Brigjend Dany Rakca ajak forum komunikasi pimpinan kecamatan (Forkopimcam) bahkan Forkopimda Bengkalis untuk bersama-sama menggali serta kembangkan potensi wilayah demi kemajuan rakyat.

“Dalam kunjungan ke Rupat Utara ini, saya melihat potensi yang sangat besar ada di wilayah ini. Bisa sedikit kita gambarkan bahwa potensi ekonomi yang bisa mendukung masyarakat harus kita eksplor bersama. Dalam hal ini juga, saya berharap ada saran dan masukkan dari Camat, Kades bahkan tokoh masyarakat agar bisa saya diskusikan di tingkat Provinsi nantinya,” kata Danrem 031/WB, Brigjend Dany Rakca.

Baca Juga :  Tak Ingin Sia-siakan Potensi Laut Natuna, Cen Sui Lan Bakal Jadikan Prioritas

Ia menegaskan, gerbang investasi di Rupat Utara sangat terbuka lebar dan kebanyakan menunjukkan hasil yang baik. Beberapa diantaranya dipaparkan Danrem berupa sektor pariwisata, tambak udang dan ikan, sektor pertanian, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau UMKM termasuk tambak garam yang bisa dikelola demi kemaslahatan masyarakat.

Ia menyebutkan, sumber daya manusia (SDM) di Rupat Utara mesti dikembangkan agar lebih berskil dengan pesatnya perkembangan ekonomi dan teknolkgi saat ini. “Oleh karena itu, jajaran Korem 031 Wira Bima yang disini ada Kodim 0303 Bengkalis siap dan sangat mendukung kemajuan investasi serta kemandirian roda perekonomian masyarakat. Salah satu yang kita telaah, adalah sektor pariwisata. Mungkin kita bisa lebih meningkatkan bagian kebersihannya, agar turis lokal maupun mancanegara bisa lebih nyaman dan selalu rindu datang kemari,” sarannya.

Mengingat sektor transportasi menuju wilayah itu terkoneksi lewat laut, kata dia, tentu menyita waktu dan rawan gangguan dikala cuaca buruk. Namun bila ada terobosan baru dalam pembuatan jalan dan jembatan, jelas akan lebih terasa dekat. “Saya akan membawa masukkan dari tokoh masyarakat yang ada malam ini ke tingkat Provinsi agar dapat menjadi perhatian dalam meningkatkan sarana transportasi wilayah Rupat ini untuk memutus jarak jangkau yang panjang. Beberapa potensi lahan disini bisa diberdayakan, tetapi harus ada regulasi dan dukungan pemerintahan daerah, jika itu untuk kesejahteraan rakyat, mari kita kembangkan dan bantu untuk memajukan pertumbuhan perekonomian di wilayah kita ini,” ajaknya.

Baca Juga :  Kapolda Kepri Minta Nahdlatul Ulama Menjaga Kerukunan di Kepri
Gali Potensi Wilayah untuk Kemajuan Rakyat, Danrem 031/WB Jalin Silahturahmi di Rupat Utara | Foto: Bres

Pada kesempatan itu, Camat Rupat Utara Aulia Fikri menyambut baik silahturahmi dan pandangan nan luas dari Danrem. Namun kata Camat, kemauan masyarakat dan pemerintah daerah dalam memajukan kemandirian ekonomi juga terbentur fasilitas serta sarana dan prasarana pendukung.

“Kami telah mengucurkan dana untuk meningkatkan pariwisata dan kreasi souvenir di Rupat Utara ini, juga di bantu pihak Kabupaten. Namun kami juga berharap, dari pihak Provinsi bisa memberikan pelatihan untuk mengembangkan sumber daya manusia dalam meningkatkan kemajuan pariwisata ini,” kata Camat.

“Dalam rangka peningkatan akses ekonomi, sarana, dan prasarana, kami dsri Kecamatan dan Desa siap mendata lahan masyarakat atau lahan kosong untuk membuka akses jalan baru, dan kami akan sosialisasikan dengan masyarakat agar tidak menuntut ganti rugi untuk membuka body jalan, dan jika seandainya bapak Danrem ingin membuka TMMD di wilayah ini, kami sangat mendukung,” harapnya.

Baca Juga :  Tingkatkan Sinergi, Danrem 033/Wira Pratama Temui Kapolda Kepri Yan Fitri

Diskusi hangat itu berlangsung sampai sekira pukul 22.00 WIB dan diakhiri dengan komitmen untuk bersinergi dalam menjaga kedaulatan negara dari tingkat daerah serta memajukan masyarakat yang ada di dalamnya demi kesejahteraan yang majemuk.

Turut hadir dalam silahturahmi itu, Kolonel Inf. Muhammad Abdul Sipahutar, Kepala Staf Korem 031/WB, Persit KCK Koorcab Rem 031/WB, Pasi Ops Kodim 0303/Bengkalis Kapten Czi. Suratmin, Danunit Intel Kodim 0303/Bengkalis serta pengurus Persit KCK Cabang LII Dim 0303/Bengkalis. (Bres)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles