18.3 C
New York
Minggu, Oktober 6, 2024

Dandim Bengkalis Bekali Babinsa Water Bag Maksimalkan Fokus Tanggulangi Karhutla

CENTRALNEWS.ID, BENGKALIS – Pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) beberapa waktu belakangan kian getol digeluti para Babinsa dari seluruh Koramil wilayah jajaran Kodim 0303 Bengkalis.

Bila tak ditangani dengan telaten, Karhutla bisa menimbulkan bencana asap di dalam bahkan merembet sampai ke luar negeri. Risikonya beragam, mulai dengan kerusakan lingkungan sampai gangguan kesehatan masyarakat dapat terjadi.

Dandim Bengkalis Bekali Babinsa Water Bag Maksimalkan Fokus Tanggulangi Karhutla | Foto: Bres

Itulah sebabnya, Komandan Kodim (Dandim) 0303 Bengkalis Letkol. Inf. Endik Yunia Hermanto bekali para Babinsa fasilitas Water Bag yang dapat dipergunakan sebagai wadah penyimpan air minum guna mencegah prajurit alami dehidrasi saat proses pencegahan bahkan penanggulangan Karhutla di tengah semak belukar, bahkan rimba raya nan minim pasokan air bersih siap minum.

“Saat puasa Ramadhan seperti saat ini, memang fungsinya belum terasa. Namun saat puasa selesai nantinya, Water Bag ini sangat dibutuhkan dan banyak manfaatnya. Jangan sampai penanggulangan Karhutla terbentur stamina prajurit yang drop akibat dehidrasi di tengah rimba saat pemadaman berlangsung. Sembari memadamkan api, para Babinsa bisa langsung mensuplai air minum dari water bag ini. Karena langsung terkoneksi dengan selang kecil atau sedotan, jadi bisa langsung minum tanpa harus buka tas dan buka penutup botol minuman lagi. Jelas lebih simpel dan cepat,” kata Letkol Endik, Kamis (6/4).

Dandim Bengkalis Bekali Babinsa Water Bag Maksimalkan Fokus Tanggulangi Karhutla | Foto: Bres

Dengan demikian, kata dia, penanggulangan Karhutla bisa dijalankan dengan baik dan lebih fokus. “Kedepan tidak ada lagi cerita haus lalu stop padamkan api, karena Karhutlanya bisa semakin besar dan akan semakin menyulitkan diri kita sendiri dalam proses pemadaman. Para Babinsa kita lengkapi Water Bag, bila puasa selesai, silahkan dipergunakan di lapangan supaya tubuh tetap prima dengan asupan air yang cukup. Jadi, tugas pemadaman di tengah rimba minim air sekalipun, kita tetap siap,” tukasnya. (Bres)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles