14.7 C
New York
Minggu, Oktober 6, 2024

BINDA Riau Semarakkan Vaksinasi, Lansia Disambangi Door to Door

CENTRALNEWS.ID, PEKANBARU – ‘Indonesia Sehat Indonesia Hebat, Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh’ begitulah sekiranya Motto gerakan vaksinasi massal yang diselenggarakan oleh Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) Riau.

Jajaran satu ini secara berkala dan sistematis kian melanjutkan pemberian dosis vaksin COVID-19 bagi masyarakat Riau, bahkan hingga menjangkau ke pelosok negeri.

Setelah pada pelajar, santri dan masyarakat umum, kali ini pihaknya menyambangi para warga lanjut usia (lansia) secara door to door atau langsung datang ke rumah guna memperluas jangkauan dan memudahkan para penerima vaksin dalam menerima dosis suntikan, Kamis (23/9).

Untuk hari ini, BINDA Riau disebut menyediakan kuota vaksin untuk 11.000 peserta. Kabinda Riau, Brigjen Amino Setya Budi mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu perintah Kepala BIN RI sempena mendukung program nasional guna mewujudkan kekebalan komunal.

“Atas dasar itulah, vaksinasi massal dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan di seluruh Riau, yakni 12 Kabupaten/Kota,” kata Brigjen Amino, Kamis siang.

Giat vaksinasi oleh BINDA Riau | Foto: Res

Ia mengajak kepasda seluruh orang tua untuk ikut serta melindungi diri dan seluruh keluarga dari potensi paparan COVID-19. Salah satu cara mewujudkannya ialah dengan mendapatkan atau menerima suntikan dosis vaksin bagi seluruh keluarga. Tidak hanya orang tua atau lansia, melainkan juga anak-anak.

Lebih ditegaskannya, pandemi COVID-19 harus dihadapi dengan pertahanan tubuh dan imunitas yang kuat. Ia menyerukan bahwa vaksin yang disuntikkan pada anak-anak akan membantu melindungi pasca kebijakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) diberlakukan di wilayah Provinsi Riau.

“Kita juga menitikberatkan vaksinasi kepada kalangan masyarakat umum, khususnya kelompok umur lansia yang sudah tidak kuat secara fisik untuk mengantri vaksin di Puskesmas. Maka, kita datangi mereka ke rumah-rumah,” ujarnya.

Kegiatan Vaksinasi Massal secara door to door dilakukan kepada setiap keluarga yang mempunyai anggota lansia. Hal ini disukseskan melalui peran pemerintah setempat, hingga setingkat RT/RW.

Hal ini diharapkan efektif pelaksanaannya, sebab apabila seluruh keluarga telah mendapat vaksin, maka potensi terpapar COVID-19 dapat diminimalisir.

Pada kegiatan vaksinasi massal hari ini, juga diadakan live streaming pelajar santri Riau dengan Presiden RI. Presiden Joko Widodo juga meninjau langsung vaksinasi massal di Jawa Tengah yang disiarkan secara langsung.

Kegiatan Pelajar sapa Presiden berada di Ponpes Muqomah Yayasan Alhasanah Riau dan SMA Kalam Kudus Riau. Selain dua lokasi streaming dengan Presiden, BIN Daerah Riau juga melaksanakan vaksinasi massal untuk pelajar, santri dan masyarakat umum secara door to door di 12 Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau.

“Dengan rincian target diantaranya 3.500 dosis untuk santri, 3.500 dosis untuk pelajar, 4.000 dosis untuk masyarakat umum. Harapannya, gerakan vaksinasi massal BIN Daerah Riau dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat baik perkotaan, pedesaan, termasuk daerah perbatasan Pulau Terluar Provinsi Riau,” pungkasnya.(*)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles