14.7 C
New York
Minggu, Oktober 6, 2024

Gelar Operasi Pekat, Pol PP Temukan Pasangan Non-Sutri di Kamar DE Hotel Duri

CENTRALNEWS.ID, DURI – Pemerintah Kecamatan Mandau menggelar Operasi Pemberantasan Penyakit Masyarakat (Pekat), Sabtu (18/9).

Operasi Pekat ini dimulai sekira pukul 23.00 WIB dan dipimpin oleh Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum (Kasi Trantib) Muhammad Vicky, S.STP serta di dampingi Komandan Pleton (Danton) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Lional, Wira Hadi Kusuma dan personel lainnya.

Satpol PP Mandau gelar Operasi Pekat | Foto: Bres

Memulai giat, pihaknya pertama kali menuju Duri Executive (DE) Hotel yang berlokasi di jalan Karet, Kelurahan Air Jamban atau tak jauh dari RSU Mutia Sari.

Di fasilitas penginapan ini, Vicky dan personel lainnya mendapati beberapa kamar hotel yang diisi oleh kaum hawa asal Kota Pekanbaru, bahkan Medan, Sumatera Utara.

Satpol PP Mandau gelar Operasi Pekat | Foto: Bres

Di tempat itu pula, petugas mendapati adanya sepasang kekasih yang bukan Suami-Istri (Non-Sutri). Di kamar hotel bernomor 310 ini, petugas mendapati seorang lelaki yang tak mengenakan pakaian.

“Jadi saat pintunya kita ketuk, cukup lama barulah dibuka. Dan saat pintu terbuka, si lelakinya tidak mengenakan pakaian (baju, red),” kata Vicky, Minggu (19/9).

Satpol PP Mandau gelar Operasi Pekat | Foto: Bres

Ternyata, penghuni kamar itu bukan hanya si pria. Ditelusuri, seorang wanita ternyata sedang berada di dalam toilet dan dilaporkan sedang mengenakan pakaian. “Itu calon orang rumah (pacar) saya Pak, sedang pakai baju di toilet,” sebut pria yang berdomisili di jalan Simpang Jambu, Sebanga – Duri ini.

Tak diketahui tindakan apa yang dilakukan oleh keduanya di dalam kamar hotel ini hingga harus melepas pasangkan pakaian. Namun yang pasti, keberadaan pasangan Non-Suami Istri di dalam kamar ini mendapat peringatan keras dari Vicky.

Satpol PP Mandau gelar Operasi Pekat | Foto: Bres

“Kenapa satu kamar? Kan belum Suami-Istri. Tolong setelah ini harus dipisah kamarnya ya, kali ini sekedar kami ingatkan. Jangan diulangi,” tegur Vicky.

Selain pasangan Non-Sutri, malam itu petugas juga menemukan maraknya keberadaan wanita muda dari berbagai Kabupaten/Kota luar Riau yang menghuni kamar-kamar penginapan itu. Ditanya petugas, berbagai alasan pun mencuat. Mulai dari ‘Mereka Anak Saya’, ‘Teman Merantau’ dan bahkan sekedar ‘Lepas Kangen antar Teman’ pun dijadikan alasan berkilah kepada Satpol PP Mandau.

Satpol PP Mandau gelar Operasi Pekat | Foto: Bres

Meski demikian, Vicky tetap mengingatkan agar keberadaan tamu hotel yang berasal dari luar Riau untuk lebih dipantau ketat. Sebab, wabah pandemi COVID-19 masih sangat mungkin melonjak paparannya bila mobilitas pendatang (Non-Riau) marak terjadi.

Selain DE Hotel, petugas Operasi Pekat juga menyasar ke penginapan Fajar Indah di jalan Jawa, kelurahan Gajah Sakti. Di tempat ini, nyaris seluruh kamar berisi para pekerja dari luar Bengkalis, bahkan beberapa diantaranya berasal dari luar Riau seperti Palembang, Jawa dan Sabang.

Satpol PP Mandau gelar Operasi Pekat | Foto: Bres

Saat dilakukannya pemeriksaan sekilas, rata-rata penghuni kamar adalah kaum adam dan mengaku sedang bekerja di wilayah Duri. Keberadaan tamu hotel dari luar Riau kembali membuat petugas semakin memperketat ketegasannya.

“Jangan sampai COVID-19 bergejolak lagi. Kalau ada tamu dari luar Riau, tolong betul-betul dicek suhunya, tanyakan riwayat perjalanannya, apakah sudah divaksin? Dan wajibkan taat prokes. Jangan sampai keberadaan orang luar malam menjadikan wabah semakin memuncak di tempat kita, pastikan dengan baik,” seru Kasi Trantib Mandau ini kepada manajemen penginapan Fajar Indah.

Satpol PP Mandau gelar Operasi Pekat | Foto: Bres

Tak lupa, Vicky menyerukan kepada seluruh pengelola fasilitas penginapan di Kota Minyak untuk dapat menyediakan fasilitas pendukung prokes seperti Hand Sanitizer, masker dan berbagai iklan imbauan atau pemberitahuan agar para pemesan kamar bisa lebih disiplin.

“Dengan lebih disiplin, Inshaallah kita bisa lebih menekan laju penularan virus. Selain itu, kita arahkan kepada seluruh pengelola fasilitas penginapan untuk lebih tertib administrasi terkait data pemesan kamar dan secara kooperatif menolak bila adanya (diduga) pasangan Non Suami-Istri yang hendak melakukan reservasi. Silahkan cek KTP-nya. Kalau bukan pasangan yang sah, mohon untuk tidak dilayani guna menghindarkan hal yang tidak kita inginkan,” pungkasnya.(*)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles