17.1 C
New York
Sabtu, Oktober 5, 2024

Wujudkan Kemandirian Pangan, Danramil 01 Garap Lahan Markas jadi Kolam berisi Ribuan Ekor Ikan Nila

CENTRALNEWS.ID, BRNGKALIS – Sempena mendukung dan program ketahanan pangan di Kabupaten Bengkalis, Riau, Komandan Kodim 0303 Bengkalis Letkol. Inf. Endik Yunia Hermanto diwakili Danramil 01 Bengkalis Kapten. Cpl. Farimus Hendriko tebar ribuan ekor benih ikan nila pada bidang kolam yang berada di pekarangan Koramil 01 Bengkalis, Selasa (6/6).

Penting diketahui, ragam jenis ikan air tawar termasuk Nila, merupakan penganan sumber protein hewani kaya akan nutrisi dan lemak ikan yang sangat baik dalam mendukung tumbuh kembang anak guna cegah kekerdilan alias Stunting. Salah satu di antara banyaknya nutrisi yang terkandung pada daging ikan nila, yakni Asam Lemak Omega 3 yang diklaim sangat baik untuk menjaga kadar Kolerterol di dalam tubuh.

Selain itu, kandungan tersebut juga bisa membuat otot tubuh manusia lebih baik dalam merespons hormon insulin. Dengan begitu, kandungan nila juga bisa memberi dampak yang baik pada pengidap penyakit diabetes.

Memandang segudang manfaatnya, tak salah bila akhirnya Kapten Hendriko kerahkan pasukannya untuk menggali tanah pada pekarangan Koramil 01 Bengkalis hingga membentuk dua bidang kolam berukuran 6 x 10 meter dan 2 x 4 meter.

Selanjutnya, kedua kolam yang telah terisi air secara alami tersebut dibiarkan beberapa waktu agar kadar amoniak di dalamnya dapat terurai hingga kemudian benih ikan nila dapat ditebar. “Hingga tibalah waktunya, kita bersama Kepala UPT Puskesmas Meskom, ibu Rini Khairiyanti, PPL Dinas Perikanan Kabupaten Bengkalis, bapak Salim dan seluruh rekan prajurit Koramil 01 Bengkalis dapat mengisi kolam ini dengan ribuan ekor benih ikan nila. Kegiatan ini telah lama kita canangkan, dan alhamdulillah dapat terselenggara dengan baik,” kata Kapten Hendriko.

Hari itu, tak kurang dari 1.300 ekor benih ikan nila ditebar pada dua bidang kolam di pekarangan Koramil 01 Bengkalis. Besar harapan Kapten Hendriko budidaya ikan nila tersebut menghasilkan panen melimpah yang dapat diperuntukkan rangka mendukung peningkatan ketahanan pangan dan mengantisipasi adanya dampak dari inflasi perekonomian secara global.

“Semoga benih ikan yang kita tebar bisa hidup dengan baik dan berkembang pesat, jadi hasil panennya bisa melimpah. Langkah ini merupakan salah satu strategi kita, prajurit TNI Angkatan Darat dalam berkontribusi nyata kepada masyarakat, utamanya dalam mengatasi berbagai dampak kesulitan yang dirasakan masyarakat. Semoga hasil panen nantinya melimpah, demi mewujudkan kemandirian pangan dan kemaslahatan bagi masyarakat,” tukasnya. (Bres)

 

 

 

 

 

 

 

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles