14.7 C
New York
Minggu, Oktober 6, 2024

Wujudkan Binter Adaptif, Kodim 0303 Bengkalis Buka Kegiatan Saka Wira Kartika

CENTRALNEWS.ID, BENGKALIS – Guna mewujudkan pembinaan teritorial (Binter) TNI Angkatan Darat yang adaptif di tingkat daerah melalui pembinaan pramuka, Komandan Kodim 0303 Bengkalis Letkol. Inf. Endik Yunia Hermanto diwakilkan Danramil 01 Bengkalis Kapten. Cpl. Farimus Hendriko secara resmi membuka kegiatan Saka Wira Kartika guna membentuk generasi muda yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan, Sabtu (17/6).

Acara itu digelar di halaman markas Rayon Militer 01 Bengkalis dan antusias diikuti peserta dari latar belakang kampus Politeknik Negeri Bengkalis, SMK Negeri 1, SMA Negeri 2 dan SMA Negeri 4 Bengkalis. Dalam amanatnya, Kapten Hendriko mengatakan, kegiatan pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0303/Bengkalis tahun anggaran 2023 dengan tema ‘Mewujudkan Binter TNI AD yang adaptif melalui pembinaan Pramuka’ ini dilaksanakan guna membentuk generasi muda yang berkarakter tangguh dan berwawasan kebangsaan sebagai aset bangsa di masa depan.

“Kegiatan pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika yang dilaksanakan oleh Kodim 0303 Bengkalis ini merupakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat melalui kegiatan pembinaan teritorial. Ini adalah salah satu upaya yang dilakukan TNI AD dalam membantu pemerintah daerah menyiapkan kekuatan pendukung sejak dini dengan cara membantu satuan karya Saka Wira Kartika meningkatkan pembinaan bagi generasi muda melalui pembinaan gerakan gugus depan Pramuka,” kata Hendriko.

Kodim 0303 Bengkalis Buka Kegiatan Saka Wira Kartika | Foto: Bres

Pembinaan generasi muda oleh TNI AD tersebut diperuntukkan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega guna membantu pemerintah dalam menyiapkan generasi muda dalam memberikan pendidikan kesadaran bela negara secara dini dalam rangka mencegah pudarnya rasa cinta tanah air di kalangan generasi muda akibat dari semakin maraknya budaya asing dan pergeseran norma budaya bangsa yang mengarah pada perpecahan dan upaya penghilangan ke-Bhinneka Tunggal Ika-an dalam kehidupan masyarakat.

Melalui aksi ini pula, kalangan yang dibina bisa lebih aktif menjadi garda terdepan di kalangan masyarakat dalam menangkal paham radikal yang menyesatkan. Dengan demikian, kehadiran satuan karya Saka Wira Kartika Kodim 0303 Bengkalis di tengah masyarakat bisa lebih berguna.

Kodim 0303 Bengkalis Buka Kegiatan Saka Wira Kartika | Foto: Bres

“Semoga dengan terlaksananya kegiatan pembinaan pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0303/Bengkalis ini, keterampilan generasi muda yang diwadahi ke dalam kelima Krida yaitu Krida Navigasi Darat, Krida Mountaineering, Krida Pioneering, Krida Survival dan Krida Penanggulangan bencana nantinya dapat bekerja dan mengabdi kepada masyarakat,” tukasnya.

Semakin mematangkan pemahaman para generasi muda tersebut, Danramil juga paparkan materi dan pemahaman terkait kelima Krida, 4 Konsesus dasar Bangsa, Sejarah Nasional, Menangkal Paham Radikalisme, Bahaya latin Komunis, Proxy War, Peraturan Baris berbaris, Tata cara Penghormatan, Latihan Upacara Bendera dan ditutul pada kegiatan Outbound untuk menanamkan jiwa kepemimpinan, kedisiplinan, tanggung jawab, kerja sama dan kewaspadaan diri. (Bres)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles