15.7 C
New York
Minggu, Oktober 6, 2024

Tiket Pesawat H-3 Lebaran Sold Out, Batam-Jakarta Tembus Rp 1,2 Juta

CENTRALNEWS.ID, BATAM – Lampu hijau dari pemerintah yang mengizinkan mudik lebaran atau Idul Fitri tahun 2022 ini disambut gembira oleh masyarakat di seluruh Indonesia.

Hasil riset Kementerian Perhubungan, ada sekitar 79 juta orang yang akan mudik tahun ini. Bahkan Presiden Joko Widodo menyebut perkiraan angka mencapai 85 juta orang.

Ledakan animo pemudik Lebaran yang sudah dua tahun tertahan bisa terlihat dari melonjaknya pesanan tiket pesawat terbang dari seluruh jurusan H-7 menjelang Idul Fitri yang diperkirakan jatuh pada 2 Mei 2022 nanti. Lonjakan pemudik juga berasal dari Kota Batam.

Penelusuran Central Network di dua aplikasi pemesanan tiket, Tiket.com dan Traveloka, harga tiket berbagai tujuan paling rendah Rp 700 ribu hingga Rp 3 juta.

Rute terpadat adalah Jakarta, kemudian Pekanbaru, Padang, Medan, Surabaya dan Pontianak.

Adapun maskapai yang melayani mudik adalah Lion Air Group, Citilink, Garuda Indonesia serta armada baru Super Air Jet.

Mendekati hari H Idul Fitri, harga tiket terus meroket dan pada H-3 atau Sabtu (30/4/2022), jumlah kursi pesawat yang tersedia sudah semakin terbatas karena banyak yang sold out.

Terlacak dari situs Lion Air, Rabu (6/4/2022) malam, pukul 22.00 WIB, Lion Group melalui Lion Air, Batik Air Wings Air, dan Super Jet Air, menyediakan 9 penerbangan dari Batam tujuan Jakarta per hari.

Baca Juga :  352 UMKM Binaan Tingkatkan Daya Saing Produk Melalui Program Nutrition Fact Rumah BUMN Telkom

Harga tiket masih ada pada seluruh penerbangan dengan harga tiket di atas Rp 1 jutaan per orang. Bahkan, menjelang hari-H, harga tiket terus naik di atas Rp 1,2 jutaan.

Untuk Pekanbaru, Lion Group menyediakan tujuh penerbangan dan mulai Sabtu (30/4/2022) sudah habis terjual.
Sedangkan H-7-H-4 masih ada dua penerbangan dengan harga tiket di atas Rp 600 ribuan.

Untuk tujuan ke Padang, maskapai itu menyediakan empat penerbangan langsung tujuan Padang setiap hari.
Pada H-7, dari empat penerbangan, hanya dua penerbangan yang masih tersisa pada pukul 10.50 WIB dan 15.10 WIB dengan harga tiket Rp 804.300 per orang.

Sedangkan dua penerbangan lagi, 09.05 WIB dan 16.30 WIB sudah penuh.

Kondisi yang sama juga terjadi pada H-6 dengan harga tiket yang masih sama. Sedangkan pada H-5, juga hanya ada dua penerbangan yang tersisa dengan harga tiket Rp 934.200 per orang.

Selanjutnya, mulai H-4 sampai H-1 lebaran, seluruh penerbangan Lion Air sudah penuh. Namun pada 2 Mei atau hari H Idul Fitri, masih ada tiket dengan harga sekitar Rp 900 ribuan untuk dua penerbangan.

Citilink tujuan Jakarta mulai H-7 hingga H-1 masih tersedia untuk tujuan Soekarno Hatta dengan harga tiket di atas Rp 1 juta.

Baca Juga :  Kurangi Jumlah RTLH, Cen Bangun 431 Unit BSPS di Natuna

Untuk tujuan Halim perdanakusumah sudah habis. Sedangkan ke Padang hanya satu penerbangan sehari dengan harga tiket Rp 934 ribu pada H-7 dan H-6.

Sama dengan Lion, tiket langsung ke Padang juga penuh mulai H-5 hingga H-1 Idul Fitri.

Tujuan Kualanamu Medan, dari lima penerbangan sehari masih tersisa empat penerbangan pada H-7 dengan harga tiket Rp 816 ribuan hingga Rp 1 jutaan. Mulai H-5, harga tiket mulai melonjak hingga di atas Rp 1 juta.
Sedangkan tujuan Surabaya, tiket H-7 hingga H-5 masih tersedia dengan harga Rp 1,6 jutaan. Namun mulai H-4, penerbangan langsung Citilink, tadi malam, sudah penuh. Padahal pada Rabu siang tiket masih dijual.

Sedangkan Lion Air tujuan Surabaya Rp 1.649.200 dan penerbangan transit Super Air Jet Rp 2.295.600 hampir sama dengan Batik Air. Sedangkan Garuda Indonesia tujuan Surabaya Rp 2.963.800

Untuk tujuan Pontianak, Kalimantan Barat, hanya ada satu penerbangan langsung, Wings Air pada H-7 hingga H-3 Rp 1.331.600.

Lainnya melalui transit, yakni Lion Air, Super Air Jet dan Batik Air dengan harga tiket di kisaran Rp 2 jutaan. Sedangkan penerbangan transit menggunakan Garuda Rp 3.102.600.

Menariknya, beberapa aplikasi penjualan tiket, seperti Traveloka, menyediakan layanan pembayaran kemudian hari atau setelah berangkat (pay later).

Baca Juga :  Tinjau Posko Pemenangan, Cermin Optimis Menang di Pulau Tiga Barat

Layanan tersebut sangat memudahkan pemudik untuk mendapatkan tiket lebih cepat.

Maya, seorang perantau asal Medan yang bekerja di salah satu perusahaan manufaktur di Batam menuturkan, ia sejak sebelum puasa sudah memantau harga tiket di sejumlah aplikasi.

“Saya memutuskan untuk membeli tiket segera melalui promo pay later. Nanti bisa bayar dengan THR atau gaji bulan depan,” katanya.

Hingga saat ini, masyarakat Kepri memang masih dominan mudik melalui Bandara hang Nadiem karena penerbangan dari Bandara RHF masih terbatas.

Penerbangan menuju Jakarta hanya ada dua maskapai saja pada tanggal 26-29 April 2022 yaitu Citilink dan Batik Air.

Harga tiket yang dibanderol dua maskapai ini pun berbeda, Citilink tujuan Jakarta menjual tiket Rp 1.151.700 per orang.

Sedangkan Batik Air menjual tiket penerbangan tujuan Jakarta Rp 1.210.000 per orang. Jadwal keberangkatan Citilink pada pukul 16.50 WIB dan Batik Air 11.35 WIB.

Pada H-3, ada tiga penerbangan, yakni Citilink, Batik Air, dan Garuda. Harga tiket juga di atas Rp 1 jutaan.

Lonjakan harga tiket ini terjadi seminggu menjelang Idul Fitri. Sedangkan dua minggu menjelang lebaran harga tiket masih di angka Rp 700-800 ribu tujuan Jakarta. (Central Network/mzi/dkh/ayf)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles