14.7 C
New York
Minggu, Oktober 6, 2024

Ruang Chek-In di Bandara Hang Nadim Dijadikan Ruang Publik

CENTRALNEWS.ID, BATAM – Sejak berganti manajemen, sejumlah pelayanan di Bandara Internasional Hang Nadim Batam tampak berubah. Satu di antaranya ruang chek-in.

Selama ini, ruang chek-in hanya bisa dimasuki oleh penumpang yang akan berangkat dan masing-masing 1 orang pengantar. Namun saat ini, pengantar bisa masuk ke dalam ruang chek-in.

Direktur Utama PT Bandara Internasional Batam (BIB), Pikri Ilham Kurniansyah mengatakan Bandara di wilayah lain selama ini memperbolehkan pengantar masuk ke ruang chek-in.

Lantaran ruangan tersebut masih tergolong ruang publik. Di antaranya, Bandara Internasional Kuala Namu, Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim Pekan Baru, dan lainnya.

“Ruang chek-in masih tergolong ruang publik. Jadi bukan tempat privat,” kata Pikri.

Baca Juga :  Kapolda Kepri Minta Nahdlatul Ulama Menjaga Kerukunan di Kepri

Sementara itu, lantaran ruang chek-in di Bandara Internasional Hang Nadim memiliki keterbatasan tempat, pihaknya mengimbau para penumpang untuk tetap menggunakan online chek-in. Untuk menghindari antrean panjang di konter chek-in.

Menariknya lagi, penumpang yang chek-in via online, akan mendapat gratis 2 kilogram bagasi. Ditambah 20 kilogram bagasi dari maskapai, sehingga totalnya free 22 kilogram bagasi.

Menurutnya, ada sisi positif juga ruang chek-in dijadikan ruang publik. Para pengantar bisa juga berbelanja di dalam Bandara Hang Internasional Hang Nadim.

Sehingga stand-stand di Bandara bisa pulih kembali pasca pandemi Covid-19.

Teriminal 1 Bandara Internasional Hang Nadim akan direnovasi dalam waktu 12 bulan kedepan.

Meski nantinya ada pengerjaan renovasi terminal satu, hal itu tidak akan mengganggu proses operasional di bandara.

Baca Juga :  Cen Sui Lan dan Jarmin Besuk Pasien di RSUD Natuna, Janjikan Kesehatan jadi Prioritas

“Selama proses renovasi tetap akan berjalan seperti biasa, akan dibuat parsial, secara bertahap, tanpa menggangu oprasional,” katanya.

Lantas bagaimana terminal 2? PT Bandara Internasional Batam (BIB) telah menyelesaikan proses lelang tender untuk pembangunan terminal dua dan renovasi terminal satu Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

“Terminal dua kita mulai bangun Januari 2023 untuk internasional,” ujarnya.

Diakuinya secara fisik nantinya Bandara Internasional Hang Nadim Batam akan diubah total. Tetapi tidak akan mengubah strukturnya.

“Jadi penampilan, image semua kami ubah. Termasuk interior semua akan kami ubah,” katanya.

Sejak Bandara Internasional Hang Nadim Batam di pegang oleh PT BIB beberapa perubahan telah dilakukan. Mulai dari pelayanan, kostum petugas, beberapa bentuk fisik.

Baca Juga :  Tak Ingin Sia-siakan Potensi Laut Natuna, Cen Sui Lan Bakal Jadikan Prioritas

“Pelayan yang diupgrade, kalau dilihat sudah banyak perubahan, selain SDM kita lakukan training, kita lakukan perubahan seragam, lampu juga lebih terang meningkat dari 130 lux menjadi 250 lux,” katanya.

Selain itu, ia menilai, dengan pengelolaan baru ini, Bandara Hang Nadim terlihat lebih dan rapi.

“Antrean taksi sudah sangat tertib, tidak ada yang ngetem lama-lama lagi. Jalur penjemputan, dan penjemputan sudah kita tata lebih rapi,” katanya. (dkh)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles