21.9 C
New York
Minggu, Oktober 6, 2024

Prajurit Kodim 0303 Bantu Pelajar Seberangi Jalan Hingga Ajarkan Makna ‘Salam Pancasila’

CENTRALNEWS.ID, BENGKALIS – Babinsa Koramil 01 Bengkalis Distrik Militer 0303 Bengkalis, Serma Rudi Hariyanto bersama Serda Hanoto tampak membantu anak-anak Sekolah Dasar Negeri (SDN) 05 Bengkalis saat menyeberangi jalan menuju sekolahnya, Kamis (16/2).

Giat tersebut dilakukan sebagai wujud pembinaan teritorial TNI Angkatan Darat dalam menumbuhkan budaya tertib dan selamat di tengah masyarakat, utamanya bagi pengguna jalan. Baik pejalan kaki maupun pengguna kendaraan bermotor, diminta untuk saling menjaga dan menghormati.

Prajurit Kodim 0303 Bantu Pelajar Seberangi Jalan Hingga Ajarkan Makna ‘Salam Pancasila’ | Foto: Bres

“Termasuk saat ada anak-anak yang hendak menyeberang, berikan jeda agar mereka bisa berjalan dan seberangi jalan. Sempena itu, kita bantu dan ajarkan juga anak-anak tata cara menyeberang agar prinsip hati-hati menjadi budaya. Kita harap, aksi kecil yang kita laksanakan ini mampu menjadi contoh baik. Baik anak-anak maupun pengguna jalan lainnya dapat lebih mengutamakan keselamatan bersama,” kata Serma Rudi.

Baca Juga :  Kampanye Perdana di Ranai Darat, Cen Sui Lan Ingin Natuna Maju

Saat Rudi menyeberangkan anak-anak ke arah sekolah, Serda Hanoto (Provost Kodim) turut mengatur laju pengendara. Ketertiban kala itu sangat harmonis, menunjukkan jiwa Bangsa Indonesia yang beraneka ragam dan saling menjunjung nilai saling menjaga satu sama lain.

Prajurit Kodim 0303 Bantu Pelajar Seberangi Jalan Hingga Ajarkan Makna ‘Salam Pancasila’ | Foto: Bres

Sesampainya di gerbang sekolah, kedua prajurit Kodim 0303 ini mengajarkan anak-anak tentang makna Pancasila lewat praktik bersalaman kepada Orangtua maupun Guru. “Salam atau salim kita praktikkan terhadap anak-anak sebagai contoh baik untuk saling menghormati kepada orang yang lebih tua. Dengan demikian, mental dan karakter anak akan lebih tangguh, sopan dan cendikias menelaah situasi. Kita harapkan anak-anak ini dan seluruh anak Indonesia lainnya bisa bertumbuh-kembang menjadi lebih baik demi masa depan gemilang,” imbuhnya.

Baca Juga :  Cen Sui Lan dan Jarmin Besuk Pasien di RSUD Natuna, Janjikan Kesehatan jadi Prioritas

Selain itu, pihaknya juga mengimbau kepada seluruh orangtua agar tetap meningkatkan kewaspadaan supaya anak-anaknya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. “Jangan lengah pengawasannya, anak-anak harus tetap dipantau dan dijaga supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan,” tukasnya. (Bres)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles