22.3 C
New York
Sabtu, Oktober 5, 2024

Polda Kepri Laksanakan Upacara Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober

CENTRALNEWS.ID, BATAM – Kepolisian Daerah Kepulauan Riau (Polda Kepri) melaksanakan upacara peringatan hari kesaktian Pancasila 1 Oktober 2024. Upacara dipusatkan di lapangan Bhayangkara Polda Kepri, Nongsa, Batam, Selasa (1/10/2024).

Kapolda Kepri Irjen Polisi Yan Fitri Halimansyah selaku inspektur upacara. Peringatan hari kesaktian Pancasila ini merupakan momentum bersejarah untuk mengenang kembali perjuangan bangsa Indonesia kala itu.

Sejarah mencatat, sebelum 1 Oktober 1965, ideologi negara sengaja diganggu dan ingin diganti. Berkat perjuangan bangsa Indonesia waktu itu, pihak-pihak yang ingin menggulingkan kedaulatan Pancasila akhirnya tumbang.

Ideologi bangsa, Pancasila, bisa tetap berdiri dan lestari hingga kini. Walau demikian, Pancasila tidak hanya sekadar dasar negara, namun juga pedoman hidup bangsa yang harus terus dipertahankan dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga :  Cen Sui Lan dan Jarmin Menyapa Warga Ranai di Warung Kopi

Seluruh personel Polda Kepri khidmat melaksanakan upacara hari kesaktian Pancasila 1 Oktober 2024 di lapangan Bhayangkara Polda Kepri, Nongsa, Batam, Selasa (1/10/2024)

Personel Polda Kepri khidmat melaksanakan upacara hari kesaktian Pancasila 1 Oktober 2024 di lapangan Bhayangkara Polda Kepri, Nongsa, Batam, Selasa (1/10/2024)

“Tema bersama Pancasila kita wujudkan Indonesia Emas, mengingatkan kita bahwa untuk mencapai Indonesia Emas 2045, kita harus tetap bersatu dalam bingkai Pancasila,” ujar Kapolda Kepri Irjen Polisi Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H.

Sinergi antara aparat keamanan dan masyarakat, lanjut Kapolda Kepri, sangatlah penting. Utamanya dalam menjaga stabilitas, keamanan, dan ketertiban, demi tercapainya pembangunan bangsa yang berkelanjutan.

Upacara ini diawali dengan penghormatan kepada lambang negara Indonesia. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan naskah Pancasila dan ikrar kesetiaan terhadap Pancasila.

Polri diharapkan dapat memperkuat semangat gotong royong dan kebersamaan dalam menghadapi berbagai tantangan. Baik dalam menjaga keamanan wilayah maupun mendukung upaya pemerintah mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

Baca Juga :  352 UMKM Binaan Tingkatkan Daya Saing Produk Melalui Program Nutrition Fact Rumah BUMN Telkom

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles