19.5 C
New York
Selasa, Juli 2, 2024

Polda Kepri Bagikan 1.200 Paket Sembako Untuk Warga Pantai Bale-bale

CENTRALNEWS.ID, BATAM – Kepolisian Daerah Kepulauan Riau (Polda Kepri) menyelenggarakan bakti sosial dan pengobatan gratis untuk masyarakat di pantai Bale-bale, Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau, Selasa (25/6/2024).

Agenda bakti sosial ini serentak dilakukan di seluruh Indonesia. Di wilayah kesatuan masing-masing, Polri mengadakan kegiatan sosial. Selain itu, kegiatan amal ini bersempena juga dengan HUT Bhayangkara ke-78 tahun 2024.

Puncak HUT Bhayangkara ke-78 tanggal 1 Juli 2024. Kegiatan bakti kesehatan untuk masyarakat ini diawali dengan pendaftaran, pengecekan dan penindakan. Terlihat masyarakat sangat antusias mengikuti jalannya bakti kesehatan tersebut.

Mereka berduyun-duyun mendaftar ke petugas yang ada di lokasi. Selanjutnya warga melakukan pengeceka. Mulai dari pemeriksaan kesehtan darah, mata, penyakit dalam, THT, dan keluarga berencana (KB) untuk para ibu.

Baca Juga :  Bersama Bhayangkari, Yan Fitri Tanam Pohon di Mapolda Kepri  

Kapolda Kepri, Irjen Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H., secara simbolis menyerahkan paket sembako kepada salah satu warga pantai Bale-bale, Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau, Selasa (25/6/2024)

Kapolda Kepri, Irjen Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H., menyebutkan warga yang tinggal di wilayah ini sebagian besar nelayan. Kebanyakan di antara mereka menderita katarak atau kesulitan untuk melihat.

Menyikapi hal ini, Yan Fitri mengatakan, ia beserta jajarannya menghadirkan tim dokter dari Rumah Sakit Bhayangkara untuk melakukan pemeriksaan. Tidak hanya itu saja, para dokter akan melakukan penindakan medis atau operasi katarak.

Selain bakti kesehatan, secara khusus Polda Kepri membagikan 1.200 paket sembako di pantai Bale-bale Kelurahan Sambau. Sedangkan total pembagian sembako untuk seluruh Kepulauan Riau sebanyak 8.000 paket.

Baca Juga :  DPRD Natuna Apresiasi Kinerja Pelaksanaan APBD 2023

Untuk bakti kesehatan yang sudah dilaksanakan sebelumnya adalah operasi bibir sumbing, khitanan massal, penanganan disabilitas, stunting, anjangsana bersama ibu-ibu Bhayangkari, pengadaan air bersih di enam lokasi.

Yakni di Batam, Tanjung Pinang, Tanjung Balai Karimun, Lingga, Natuna, dan Anambas. Termasuk bedah rumah tidak layak huni sudah dilakukan sebanyak 15 unit. Mulai dari Karimun sampai Lingga dan program ini masih berjalan.

“Kita melakukan bakti sosial dan bakti kesehatan di pantai Bale-bale Sambau. Sunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat gizi buruk, infeksi berulang, dan stimulasi psikososial yang tidak memadai,” ujar Yan Fitri Halimansyah.

Masih menurut Yan, anjangsana adalah kunjungan tali asih kepada anggota Polri yang mengalami sakit menahun. Melalui kegiatan ini, masyarakat dan Polri semakin dekat dan terjalin silaturahmi yang berkesinambungan.

Baca Juga :  Yan Fitri Minta Warga Pantai Melayu Lestarikan Budaya Perahu Layar Jong

Kapolda Kepri, Irjen Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H., mencontohkan simbol kasih dan sayang (cinta) Polri kepada warga pantai Bale-bale, Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau, Selasa (25/6/2024)

“Kami mewakili seluruh warga kampung Bale-bale Sambau Nongsa mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada bapak-bapak dan ibu-ibu atas kegiatan baksos dan pengobatan gratis. Kami merasa sangat senang, semoga cita-cita dan keinginan Bapak Kapolda terkabul,” ujar Masrur tokoh masyarakat setempat.

Kapolda Kepri mengingatkan masyarakat kalau sakit bisa datang ke rumah sakit Bhayangkara Polda Kepri. Warga bisa menggunakan layanan BPJS juga. Siapa pun yang sakit akan ditangani dengan mengedepankan nilai kemanusiaan.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

22,921FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles